Dukung Pertumbuhan Literasi, Wabup Hadiri Launching Buku Antologi SMA Negeri 1 Cilacap

0
65
Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman menyerahkan buku karya siswa SMA Negeri 1 Cilacap secara simbolis kepada perwakilan siswa
image_pdfimage_print

CILACAP – Untuk mengapresiasi Kumpulan Karya hasil tulisan para siswanya, SMA Negeri 1 Cilacap melakukan Launching Buku Antologi Kisah Inspiratif Remaja di Masa Pandemi dengan Tema “Ayo Bangkit di Masa Sulit”. Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman menghadiri acara yang digelar di Aula SMA Negeri 1 Cilacap pada Kamis (13/01/22) tersebut sebagai bentuk dukungan dari Pemkab Cilacap.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati atas nama Pemkab Cilacap memberikan penghargaan kepada Keluarga Besar SMA Negeri 1 Cilacap atas inisiatif dan prakarsanya untuk menyusun buku tersebut. Wabup juga mengatakan bahwa tema yang diambil dalam buku Antologi tersebut sangat erat kaitannya dengan program yang tengah dilakukan oleh Pemkab Cilacap di masa pandemi.

“Tema yang bagus ini, Ayo Bangkit di Masa Sulit. Ini suatu hal yang sebenarnya sedang dilakukan Pemerintah, pandemi tidak harus berdiam diri. Kita masih bisa berinovasi dan berkreasi. Luar biasa civitas akademika di SMA Negeri 1 Cilacap untuk bagaimana membiasakan diri mengeluarkan pikiran, gagasan, ide maupun pengalaman keseharian dalam sebuah tulisan,” ucapnya.

Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman menyerahkan buku secara simbolis kepada guru
Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman menyerahkan buku secara simbolis kepada guru

 

 

 

 

 

 

Wabup menambahkan, sebagian besar proses pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi. Sehingga kesadaran literasi harus ditumbuhkan sedini mungkin dalam diri para pelajar.

“Kenapa literasi saat ini didorong ? Bukan hanya membaca tetapi literasi itu didorong untuk menghasilkan sebuah karya. Karena setinggi-tingginya pendidikan mulai dari nantinya akan membuat sebuah buku. Maka harus dibiasakan untuk menulis. Oleh karena itu saya berterimakasih, SMA Negeri 1 Cilacap tidak berdiam diri ditengah pandemi, bisa berkreasi dan mendorong anak didiknya untuk tetap produktif,” kata Wabup.

Kepala SMA Negeri 1 Cilacap yang dalam sambutannya diwakili oleh Amat Khotib menyampaikan bahwa para siswa diberikan keleluasaan dan ruang untuk menggali potensi diri masing-masing dalam berkarya.

“Komite bersama dengan Sekolah memberikan keleluasaan dan ruang yang cukup kepada anak-anak untuk berkreasi mengembangkan potensi diri yang ada pada diri masing-masing. Kami yakin, masing-masing siswa memiliki potensi sendiri-sendiri, diantaranya ada potensi untuk mengabadikan kenangan, pengalaman atau inspirasi yang ada didalam pikiran dan hati anak-anak,” ungkapnya.

Dalam acara tersebut, Wakil Bupati Cilacap didampingi Sekretaris Komite SMA Negeri 1 Cilacap juga melakukan penyerahan penghargaan dan juga buku yang telah di launching secara simbolis kepada tim penyusun Buku dan juga Guru serta murid berprestasi di SMA Negeri 1 Cilacap. (hen)

Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman berfoto bersama usai penyerahan penghargaan.