8 Februari 2023

Sebagai bentuk komitmen tinggi dan dukungan Pemerintah Kabupaten Cilacap dalam ikut serta mensukseskan kualitas bidang pendidikan, dilakukan Penyerahan NPHD dan BAST Hibah Tanah dari Pemerintah Kabupaten Cilacap kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang selanjutnya akan digunakan untuk kegiatan perkuliahan UNSOED Purwokerto.

CILACAP – Sebagai bentuk komitmen tinggi dan dukungan Pemerintah Kabupaten Cilacap dalam ikut serta mensukseskan kualitas bidang pendidikan, dilakukan Penyerahan NPHD dan BAST Hibah Tanah dari Pemerintah Kabupaten Cilacap kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang selanjutnya akan digunakan untuk kegiatan perkuliahan UNSOED Purwokerto.

Penyerahan tersebut dilakukan oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji kepada Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan Unsoed Kuat Puji Prayitno di Ruang Gadri Komplek Rumah Dinas Bupati pada Senin (14/11/22). Selanjutnya dilakukan juga Penandatanganan dan Serah Terima Sertifikat Tanah oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri dan Sub Koordinator Inventarisasi dan Penilaian Barang Milik Negara (IP BMN) pada Biro Keuangan dan Barang Milik Negara Kemendikbudristek Amron Silitonga.

Dalam sambutannya, Bupati menjelaskan bahwa yang dihibahkan yaitu 2 bidang tanah milik/dalam penguasaan Pemerintah Kabupaten Cilacap. Kedua bidang tanah tersebut merupakan sebidang tanah pekarangan seluas 25.180 m² yang berada di Desa Menganti Kecamatan Kesugihan dan sebidang tanah pertanian/sawah seluas 3.770 m² di Kelurahan Tegalkamulyan Kecamatan Cilacap Selatan.

“Berdasarkan rencana pembangunan, kedua bidang tanah tersebut akan diperuntukkan untuk kegiatan perkuliahan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan serta Pengembangan Fakultas Kedokteran UNSOED Purwokerto,” jelasnya.

Dijelaskan juga bahwa penyerahan hibah tanah milik Pemerintah Kabupaten Cilacap kepada UNSOED Purwokerto ini, tentunya telah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dengan melewati berbagai tahapan dan proses yang menghasilkan keputusan yang akan menguntungkan berbagai pihak.

“Besar harapan Kami, dengan adanya kegiatan perkuliahan dan pengembangan fakultas UNSOED di Kabupaten Cilacap nantinya dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat maupun terhadap berbagai sektor lain seperti sektor ekonomi di wilayah sekitar,” ucapnya.

Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Hubungan Masyarakat Unsoed Waluyo Handoko mengucapkan terimakasih atas dukungan dan bantuan yang diberikan oleh Kabupaten Cilacap demi terselenggaranya kegiatan perkuliahan yang memadai bagi para mahasiswa Unsoed.

“Ini merupakan momen yang sangat berarti buat Kami, karena kalau sejarah berdirinya Unsoed, ini baru pernah bahwa Pemkab menghibahkan tanah. Ini tentu menjadi momen yang perlu kita kembangkan kedepan, sehingga Kami disamping senang dan bangga tetapi Kami juga mempunyai tanggung jawab. Mudah-mudahan kami dapat mewujudkan apa yang kita semua harapkan,” terangnya. (hen)