28 September 2022

Pada prosesi upacara adat, kelompok nelayan meminta ijin kepada Bupati Cilacap untuk melakukan larung jolen melalui Tumenggung. Bupati Cilacap mengijinkan dan memerintahkan untuk melaksanakan larung jolen.

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap menggelar Festival Nelayan Sedekah Laut Tahun 2022 dengan melakukan Larungan 11 Jolen yang diawali dengan upacara adat dan dilanjutkan kirab dari Pendopo Wijayakusuma Cakti menuju Pantai Teluk Penyu pada Jumat (12/08/22).

Adapun 11 Jolen yang dilarung yaitu 1 Jolen Tunggul dari Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, 1 Jolen dari HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) Cilacap, 8 (Delapan) Jolen dari kelompok nelayan yaitu kelompok nelayan Sidakaya, Pandanarang, Tegal Katilayu, Bengawan Donan, Kemiren, Sentolo Kawat, PPSC, dan Lengkong serta 1 jolen dari PT Alam Lintas Indonesia.

Jolen Tunggal dari Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji

Hadir dalam upacara adat dan turut serta dalam kirab Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri, jajaran Forkopimda atau yang mewakili, para Pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap, serta sejumlah kelompok nelayan Cilacap.

Meski dalam suasana hujan sepanjang pelaksanaan Festival Nelayan, tidak mengurangi khidmat dan kemeriahan acara tersebut. Pada prosesi upacara adat, kelompok nelayan meminta ijin kepada Bupati Cilacap untuk melakukan larung jolen melalui Tumenggung. Bupati Cilacap mengijinkan dan memerintahkan untuk melaksanakan larung jolen.

“Para nelayan kabeh, manut adat sing wis dadi tradisi, dina siki kudu ngelarung jolen nang laut kidul. Jolen tunggul tak serahna slira kabeh, enggal enggal larungna,” ucap Bupati.

Usai pelaksanaan upacara adat, Bupati Cilacap, Wakil Bupati bersama jajaran Forkopimda dan para Pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap mengikuti kirab dengan menaiki delman. Rute kirab yang dilalui yaitu dari Pendopo Wijayakusuma Caktu melalui Alun-alun Kota Cilacap menuju Jalan Ahmad Yani, kemudian berbelok ke Jalan Letjend Sutoyo melewati Brug Menceng ke Jalan Laut menuju ke Pantai Teluk Penyu Cilacap.

Tiba di Pantai Teluk Penyu, dilakukan upacara penyerahan jolen dari Tumenggung kepada Kelompok nelayan agar selanjutnya dapat dilaksanakan pelarungan jolen. Meskipun ombak cukup besar, namun seluruh jolen berhasil dilarung dengan menggunakan perahu nelayan.

Festival nelayan dilaksanakan sebagai wujud ungkapan rasa syukur dari warga Cilacap khususnya para nelayan atas rezeki dari Allah SWT yang telah diterima selama ini. Terkandung doa dan harapan pula ke hadirat Allah SWT, agar senantiasa menganugerahkan kesehatan, keselamatan, dan barokah kepada warga Cilacap, dalam menjalani hidup pada tahun yang baru ini dan tahun-tahun mendatang. (hen)