13 Agustus 2022

Launching Aksi Perubahan Kinerja Organisasi GERBANG SI SANGGUL.

CILACAP – Upaya pemerintah Kecamatan Majenang dalam peningkatan penyajian data dan informasi terkait potensi unggulan dari setiap desa telah terintegrasi dalam sebuah sistem informasi pada website majenang.cilacapkab.go.id. Sistem informasi tersebut adalah GERBANG SI SANGGUL (Gerakan Bangun Potensi Desa Unggulan).

GERBANG SI SANGGUL yang merupakan Aksi Perubahan Kinerja Organisasi telah dilaunching dan disosialisasikan penggunaannya pada hari Kamis (28/7/2022) di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades). Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dispermades Bintang Dwi Cahyono dan jajarannya, Camat Majenang Iskandar Zulkarnain, dan Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Majenang Wawan Mardiono, selaku Project Leader Sistem Informasi GERBANG SI SANGGUL.

Sekretaris Kecamatan Majenang Wawan Mardiono selaku project leader GERBANG SI SANGGUL.

Dalam penjelasannya, Sekcam Majenang Wawan Mardiono menyampaikan bahwa Sistem Informasi GERBANG SI SANGGUL memuat data dan informasi dari semua desa yang ada di wilayah Kecamatan Majenang.

“Pada sistem informasi GERBANG SI SANGGUL memuat potensi-potensi unggulan pada setiap desa yang ada di Kecamatan Majenang, antara lain dari sektor pariwisata, kerajinan, UMKM, kebudayaan, kesenian, pertanian, peternakan, dan perkebunan,” jelasnya.

Terdapat 17 desa di Kecamatan Majenang meliputi Boja, Bener, Salebu, Cibeunying, Jenang, Pahonjean, Mulyadadi, Mulyasari, Sindangsari, Padangjaya, Padangsari, Cilopadang, Sepatnunggal, Sadahayu, Sadabumi, Pengadegan, dan Ujungbarang.

“Harapannya adalah dengan adanya sistem informasi tersebut bisa lebih mengenalkan setiap desa yang ada di wilayah Kecamatan Majenang kepada masyarakat luas. Selain itu juga sebagai media promosi bagi potensi-potensi unggulan yang dimiliki oleh setiap desa. Bagi masyarakat atau pihak-pihak yang berkepentingan aksi perubahan ini sangat berguna untuk memperoleh informasi yang lebih detail terkait potensi unggulan desa di Kecamatan Majenang,” tambah Wawan Mardiono.

Kepala Dispermades Cilacap, Bintang Dwi Cahyono dalam sambutannya berharap aksi perubahan yang dilakukan oleh Sekcam Majenang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dalam mempercepat pelayanan di kecamatan dan desa.

“Aksi perubahan ini dapat mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat. Ini yang dilakukan oleh Sekcam Majenang. Mudah-mudahan aksi perubahan GERBANG SI SANGGUL bisa bermanfaat bagi kita semua, baik di kecamatan maupun pemerintah desa sebagai akselerasi pelaksanaan roda pemerintahan,” kata Bintang Dwi Cahyono.

Pada Sistem Informasi GERBANG SI SANGGUL juga tercantum nomor dan personil yang dapat dihubungi pada setiap desa untuk memperoleh informasi yang lebih detail dan mendal terkait dengan potensi-potensi yang ada di masing-masing desa. Dengan dipublikasikannya potensi-potensi unggulan desa yang ada, diharapkan ke depannya dapat dikelola dan dikembangkan lebih optimal untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan desa serta Kecamatan Majenang.

GERBANG SI SANGGUL dilaunching di aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Cilacap.