Guna Sukseskan PPKM Darurat, Bupati Cilacap dan Bupati Banyumas Lakukan Koordinasi

0
61
Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji bersama dengan Bupati Banyumas dalam kegiatan pembahasan koordinasi Cilacap-Banyumas dalam sukseskan PPKM Darurat
image_pdfimage_print

CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dan Bupati Banyumas Achmad Husein lakukan pembahasan terkait koordinasi dan kolaborasi antar dua daerah untuk mensukseskan PPKM Darurat sebagai penanggulangan Covid-19. Pembahasan tersebut dilakukan dengan didampingi Forkopimda Cilacap dan Banyumas di halaman Gudang Bulog Cindaga, Kebasen Banyumas pada Jumat (9/7).

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji bersama Bupati Banyumas Achmad Husein melakukan pembahasan terkait koordinasi Banyumas dan Cilacap dalam PPKM Darurat

Kegiatan tersebut membahas 3 hal pokok yaitu perihal penyekatan daerah perbatasan Cilacap Banyumas, ketersediaan oksigen dan ketersediaan tempat tidur di rumah sakit. Bupati Cilacap menyampaikan bahwa telah tercapainya kesepakatan antara Cilacap dan Banyumas terhadap 3 hal tersebut.

“Kesepakatan ini akan dituangkan pada MoU Perjanjian Kerjasama yang akan dilaksanakan Sabtu (10/7) besok dan akan diberlakukan kesepakatan ini supaya sukses dalam PPKM Darurat ini,” ucapnya.

Bupati Cilacap juga mengatakan bahwa Cilacap dan Banyumas selain merupakan tetangga daerah namun sudah merupakan saudara. Sehingga dengan adanya koordinasi yang dibangun, harapannya angka penyebaran Covid-19 di dua daerah tersebut dapat menurun bersama.

“Cilacap dan Banyumas kan bersaudara, pasti hasilnya pun akan sama. Nah kesepakatan ini insyaAllah, akan mengurangi paparan Covid-19. Di Cilacap jika ada yang tidak mematuhi akan diberi sanksi, begitu pula di Banyumas. Setiap hari ada yang meninggal, rumah sakit penuh. Ini darurat, dan saya sangat setuju dengan Bupati Banyumas,” terangnya.

Bupati Banyumas turut mendukung pernyataan Bupati Cilacap bahwa sebenarnya secara alamiah, perihal kerjasama antar masyarakat Banyumas dan Cilacap sudah berjalan. Namun supaya lebih efektif dan efisien lagi maka akan lebih diperdetail dalam Perjanjian Kerjasama antara Pemkab Banyumas dan Pemkab Cilacap.

“Perjanjian Kerjasama antar Bupati nantinya akan langsung ditindaklanjuti dengan kesepakatan antar dinas terkait. Seperti masalah penyekatan nanti antara Dinas Perhubungan, serta masalah oksigen dan tempat tidur nanti antara Dinas Kesehatan,” jelasnya.

Sebelum melakukan pembahasan terkait koordinasi dan kolaborasi antara Cilacap dan Banyumas, Bupati Cilacap juga melakukan monitoring PPKM Darurat di daerah Sampang. Bupati juga memberikan arahan kepada Camat dan juga Forkopimcam agar dapat terus bersinergi dalam mensukseskan PPKM Darurat di Kabupaten Cilacap. (hen)

Bupati Tatto Suwarto Pamuji memberikan arahan kepada Forkopimcam