8 Februari 2023

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji meresmikan Mal Pelayanan Publik Bangga Mbangun Desa yang bertempat di Lantai 2 Terminal Tipe A Bangga Mbangun Desa pada Rabu (09/11/22).

CILACAP – Dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mudah, cepat, terintegrasi, aman, nyaman, dan transparan, Pemerintah Kabupaten Cilacap berkomitmen untuk dapat menyelenggarakan Pelayanan Publik yang prima. Oleh karena itu, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji meresmikan Mal Pelayanan Publik Bangga Mbangun Desa yang bertempat di Lantai 2 Terminal Tipe A Bangga Mbangun Desa pada Rabu (09/11/22).

Peresmian dilakukan dengan pembukaan tirai secara bersama-sama oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dan Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Amirulloh. Kemudian dilanjutkan dengan Penandatanganan Naskah Kerjasama Daerah Tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik dan Uji Coba Operasional Mal Pelayanan Publik Kabupaten Cilacap.

“Kehadiran Mal Pelayanan Publik juga dapat meningkatkan daya saing daerah dan iklim investasi yang kondusif dalam memberikan kemudahan berusaha di Daerah dan memberikan kemudahan kepada pengguna layanan dalam memproses layanan pada satu lokasi,” kata Bupati dalam sambutannya.

Bupati berterima kasih kepada Direktorat Jendral Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang telah memberikan tempat yaitu Terminal Penumpang Tipe A Bangga Mbangun Desa Cilacap sebagai lokasi penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik, melalui mekanisme pinjam pakai pada tanggal 4 April 2022.

“Dengan adanya izin untuk dapat menyelenggarakan Mal Pelayanan Publik di Terminal Penumpang Tipe-A Bangga Mbangun Desa Cilacap yang sangat strategis, dimana berada di tengah Perkotaan Cilacap dan merupakan pusat pergerakan masyarakat, sehingga memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan publik,” ucapnya.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat mengatakan dengan adanya pembangunan Mal Pelayanan Publik Bangga Mbangun Desa ini menjadi bukti bahwa sinergitas dan kolaborasi antara Pemkab Cilacap dan Pemerintah Pusat sangat erat kaitannya dan merupakan hal yang penting untuk dikembangkan.

“Kita kan harus berkolaborasi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yaitu untuk saling mendukung. Tadi Pak Bupati sampaikan bahwa ini agar masyarakat dimudahkan, menarik investasi, iklim investasi menjadi semakin kondusif, dengan perijinan yang semakin mudah maka kami di Pusat dengan Daerah semakin maju kan dampaknya juga ada. Kemudian terminal tidak akan menjadi tempat yang menakutkan lagi karna Saya pikir nanti masyarakatnya akan dirasakan di Kabupaten Cilacap,” terangnya.

Dalam laporan kegiatan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Ferry Adhi Dharma, terdapat sebanyak 180 pelayanan yang tersedia di Mal Pelayanan Publik Bangga Mbangun Desa.

“Dengan instansi yang sudah bergabung sebanyak 26 instansi yang terdiri dari 16 unsur OPD di lingkungan Pemkab Cilacap, 6 unsur Kementerian/Lembaga/Instansi Vertikal, 2 unsur Badan Hukum Publik, 1 BUMN dan 1 BUMD,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan juga peninjauan secara langsung oleh Bupati Cilacap, Wakil Bupati Cilacap beserta Sekretaris Dirjen Perhubungan darat ke gerai-gerai pelayanan yang telah secara resmi beroperasi untuk melayani masyarakat di Kabupaten Cilacap. (hen)