13 Agustus 2022

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji lakukan pengguntingan pita sebagai simbolis dicanangkannya Kampung KB Semarak Desa Keleng dan Kampung KB Dwi Yoga Desa Kesugihan di Kecamatan Kesugihan pada Senin (27/06/22).

CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji lakukan pengguntingan pita sebagai simbolis dicanangkannya Kampung KB Semarak Desa Keleng dan Kampung KB Dwi Yoga Desa Kesugihan di Kecamatan Kesugihan pada Senin (27/06/22). Dalam acara tersebut, Bupati juga lakukan Penabuhan Gong, Penandatanganan Prasasti Pencanangan serta Pemotongan Tumpeng.

Dalam acara tersebut, Bupati juga lakukan Penabuhan Gong, Penandatanganan Prasasti Pencanangan serta Pemotongan Tumpeng.

Dalam sambutannya, Bupati Cilacap menyampaikan bahwa Keberadaan Kampung KB ini diharapkan menjadi miniatur atau gambaran dari sebuah desa yang didalamnya terdapat keterpaduan dari program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang disinergikan dengan program pembanguan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistematis dan muaranya bisa mengentaskan kemiskinan.

“Dengan keluarga yang berkualitas akan membangun bangsa Indonesia yang berkarakter. Hal ini  memberikan gambaran betapa besarnya pengaruh keberhasilan program Kampung KB bagi bangsa dan negara Indonesia. Karena itu, diperlukan perhatian dan dukungan komitmen yang besar terhadap keberadaan Kampung KB bagi kemaslahatan masyarakat,” jelasnya.

Dengan diresmikannya Kampung KB di Desa Keleng dan Desa Kesugihan ini, Bupati berharap dapat menjadi pendorong atau motivasi bagi seluruh komponen masyarakat bagi peningkatan kualitas pelayanan Program KKBPK di Kabupaten Cilacap.

“Selanjutnya, Kampung KB harus dapat diimplementasikan sebagai salah satu kegiatan inovatif di lini lapangan yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat dengan intervensi dari berbagai kegiatan lintas sektor,” ucap Bupati.

Kepala Desa Keleng dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas dukungan Pemkab Cilacap sehingga Kampung KB dapat dicanangkan di dua Desa sekaligus di Kecamatan Kesugihan yaitu di Desa Keleng dan Desa Kesugihan. Disebutkan juga bahwa pencanangan Kampung KB awalnya dijadwalkan pada Tahun 2020 namun terkendala pandemi Covid – 19 sehingga baru dapat terlaksana pada Tahun 2022.

“Kami butuh belajar dan dukungan dari semua pihak untuk bisa ikut berkontribusi membantu Pemkab Cilacap. Selain itu dengan dicanangkannya Kampung KB di Desa Keleng dan Desa Kesugihan, maka tuntas sudah pencanangan Kampung KB di Kecamatan Kesugihan. Ini adalah kerja keras dari semua pihak warga masyarakat di Kecamatan Kesugihan,” ucapnya.

Dalam acara tersebut, dilakukan juga pementasan dan perlombaan senam dari kelompok senam Kecamatan Kesugihan. Selain itu, Bupati juga mengunjungi stand – stand produk UMKM dan mencicipi beberapa makanan dan minuman khas masyarakat Desa Keleng dan Desa Kesugihan. (hen)