Hardiknas 2021, “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”

0
43
Pemerintah Kabupaten Cilacap menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2021 di halaman Pendopo Wijaya Kusuma Cakti.
image_pdfimage_print

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap menggelar Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2021 di halaman Pendopo pada hari Senin (3/5). Dengan undangan terbatas, upacara diikuti oleh perwakilan ASN di lingkungan Pemkab Cilacap, tenaga pendidik dan perwakilan siswa. Upacara juga dihadiri oleh Forkopimda dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Cilacap. Bertindak selaku Inspektur Upacara Sekretaris Daerah Farid Ma’ruf.

Pada tahun ini peringatan Hari pendidikan Nasional mengambil tema “Serentak bergerak Wujudkan Merdeka Belajar”. Dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah, Mendikbud Ristek Nadiem Anwar Makarim menginginkan agar anak-anak Indonesia menjadi pelajar yang merdeka, yang menggenggam teguh falsafah Pancasila.

“Saya ingin, anak-anak Indonesia menjadi pelajar yang menggenggam teguh falsafah Pancasila, pelajar yang merdeka sepanjang hayatnya, dan pelajar yang mampu menyongsong masa depan dengan percaya diri,” kata menteri.

Lebih lanjut menbteri menyampaikan bahwa Kemendikbud Ristek telah melakukan berbagai upaya perbaikan untuk tranformasi pendidikan di Indonesia

“Kementerian ini secara konsisten terus melaksanakan transformasi pendidikan melalui berbagai terobosan merdeka belajar,” lanjut Nadiem Makarim.

Dalam program merdeka belajar ada empat upaya yang terus dilakukan oleh Kemendikbud Ristek yaitu pertama, perbaikan pada insfrastruktur dan teknologi. Kedua, perbaikan kebijakan, prosedur dan pendanaan serta pemberian otonomi lebih bagi satuan pendidikan. Ketiga, perbaikan kepemimpinan, masyarakat dan budaya. Keempat, perbaikan kurikulum pedagogi dan asesmen.

Diakhir sambutannya Nadiem mengajak seluruh komponen untuk bersama-sama menciptakan sejarah gemilang mewujudkan merdeka belajar dengan satu tujuan yaitu SDM Unggul Indonesia Maju.