Hari Tani Nasional, Pemkab Cilacap Beri Penghargaan Untuk Kelompok Tani Dan Penyuluh Pertanian Lapangan

0
63
Pemkab Cilacap berikan penghargaan yang diserahkan oleh Bupati Tatto Suwarto Pamuji kepada Kelompok Tani Dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Padi, Jagung, Kedelai Teladan di Kabupaten Cilacap Tahun 2021
image_pdfimage_print

CILACAP – Dalam rangka memperingati Hari Tani Nasinonal, Pemkab Cilacap berikan penghargaan kepada Kelompok Tani Dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Padi, Jagung, Kedelai Teladan di Kabupaten Cilacap Tahun 2021. Penghargaan diserahkan langsung oleh Bupati Tatto Suwarto Pamuji di Lapangan Desa Karangtengah, Kecamatan Sampang pada Jumat (24/9).

Camat Sampang Ahmad Khairudin melaporkan bahwa luas baku sawah di Kecamatan Sampang yaitu sebesar 1.850 hektar dengan rincian 1.747 hektar adalah irigasi tekhnis dan 103 hektar adalah tadah hujan. Luas panen musim tanam 2020 – 2021 adalah 3700 hektar dengan rata – rata produktifitas 6,7 ton/hektar sehingga produksi padi sebesar 24.790 ton gabah kering panen.

“Kami sampaikan terimakasih karena petani telah diberikan apresiasi berupa penghargaan. Sehingga harapannya dengan diberikan apresiasi tersebut maka para petani dapat semakin produktif menghasilkan padi, jagung dan kedelai yang berkualitas dan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi para petani,” ucapnya.

Kepala Dinas Pertanian Supriyanto berterimakasih karena berkat kerjasama yang dibangun antar petani dan Pemkab Cilacap, berhasil menghantarkan Cilacap meraih peringkat 1 dalam Kabupaten dengan Peningkatan Produksi Padi Tertinggi se – Indonesia.

“Selain itu juga untuk meneguhkan dan mendorong kekuatan petani sebagai motor penggerak utama dalam membangun kehidupan secara kolektif. Perayaan Hari Tani ini sebagai upaya menyatukan gerak dan arah meningkatkan kinerja sektor pertanian kedepan, apalagi ditengah pandemic Covid-19 mari kita bahu membahu memberikan energi untuk sektor pertanian yang maju, mandiri dan modern,” jelasnya.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa pertanian kini sudah bertransformasi dengan berbagai teknologi, mekanisasi yang akan terus ditingkatkan harus berinovasi dengan berbagai akselerasi di bidang pertanian. Indonesia yang notabene adalah negara agraris membuat sektor pertanian menjadi bagian yang amat penting dan harus dipadukan dengan teknologi modern.

“Kita terus mendorong petani muda atau kaum millennial, bahwa pertanian itu menjanjikan kehidupan, bahwa bertani itu hebat, menjadi petani itu keren. Sehingga saya mempersiapkan agar anak – anak muda Cilacap nantinya dapat menjadi petani milenial yang hebat karena petani adalah pahlawan masyarakat,” ungkapnya.

Turut Hadir dalam acara tersebut Ketua TP PKK Teti Rohatiningsih serta jajaran Forkopimcam Sampang. Bupati juga melakukan pemotongan tumpeng sebagai peringatan Hari Tani Nasional dan ungkapan terimakasih yang diberikan kepada Kepala Desa Karangtengah. Bupati menyempatkan melakukan penyemaian untuk pertama kali didampingi oleh Ketua TP PKK, Kepala Dinas Pertanian, Camat Sampang serta Kapolsek Sampang. (hen)

Bupati Tatto Suwarto Pamuji lakukan penyemaian untuk pertama kali didampingi oleh Ketua TP PKK, Kepala Dinas Pertanian, Camat Sampang serta Kapolsek Sampang