28 September 2022

Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di Kabupaten Cilacap, dilakukan kegiatan Verifikasi Open Defection Free (ODF) Tingkat Kabupaten Cilacap oleh Tim Verifikasi Kabupaten ODF Provinsi Jawa Tengah.

CILACAP – Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di Kabupaten Cilacap, dilakukan kegiatan Verifikasi Open Defection Free (ODF) Tingkat Kabupaten Cilacap oleh Tim Verifikasi Kabupaten ODF Provinsi Jawa Tengah. Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji secara langsung membuka kegiatan yang dilaksanakan di Pendopo Wijayakusuma Cakti pada Rabu (07/09/22) tersebut.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, jajaran Forkopimda Kabupaten Cilacap, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri serta para Pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap. Dengan bertujuan selain untuk meningkatkan tali silaturahmi, diadakannya kegiatan tersebut sekaligus juga agar masyarakat Kabupaten Cilacap semakin meningkatkan kesadaran agar berperilaku hidup bersih dan sehat dengan Stop Buang Air Besar Sembarangan.

Bupati dalam sambutannya menjelaskan bahwa ODF atau Stop Buang Air Besar Sembarangan merupakan salah satu pilar dalam Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), di samping pilar-pilar lainnya, yaitu Cuci Tangan Pakai Sabun, mengelola air minum dan makanan yang aman, mengelola sampah, dan mengelola limbah cair rumah tangga. Dalam upaya mewujudkan Kabupaten Cilacap sebagai Kabupaten ODF tahun 2022, kami juga terus berupaya untuk mewujudkan Desa/Kelurahan dan Kecamatan STBM di Kabupaten Cilacap.

“Di samping itu, STBM juga telah masuk ke dalam RPJMD Kabupaten Cilacap, sehingga diharapkan warga masyarakat Kabupaten Cilacap sudah tidak ada lagi yang Buang Air Besar Sembarangan, dan harapannya pada akhir Tahun 2022 Kabupaten Cilacap sudah bisa 100% Stop Buang Air Besar Sembarangan,” ucapnya.

Dari laporan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap Pramesti Griana Dewi, untuk mengubah perilaku dan kebiasaan warga masyarakat memang tidak mudah. “Namun demikian dengan semangat telah berhasil melaksanakan kegiatan ODF dengan menghasilkan pada Bulan Juli lalu yaitu 100% Desa dan Kelurahan di Kabupaten Cilacap sudah mengakses jamban sehat,” jelasnya.

Tim Verifikasi ODF pada Rabu (07/09/22) juga telah mengunjungi 8 kelurahan/desa di Kabupaten Cilacap diantaranya yaitu Kelurahan Tritih Kulon di Kecamatan Cilacap Utara, Kelurahan Kutawaru di Kecamatan Cilacap Tengah, Kelurahan Tegal Kamulyan di Kecamatan Cilacap Selatan, Desa Pesanggrahan di Kecamatan Kroya, Desa Citepus di Kecamatan Jeruklegi, Desa Menganti di Kecamatan Kesugihan, Desa Sidaurip di Kecamatan Kawunganten, dan Desa Adiraja di Kecamatan Adipala.

Ketua Tim Verifikasi ODF Provinsi Jawa Tengah Yuni Rahayuningtyas mengatakan bahwa masyarakat di Provinsi Jawa Tengah tersisa 4% yang masih melakukan Buang Air Besar Sembarangan, sehingga dilakukan berbagai upaya agar nantinya 100% masyarakat di Provinsi Jawa Tengah Stop Buang Air Besar Sembarangan.

“Untuk masyarakat Jawa Tengah ini kurang lebih tinggal 4% yang masih BAB Sembarangan. Ini kan membutuhkan kerja bersama, tidak mungkin hanya Pemprov saja tetapi juga di Kabupaten. Ayo kita coba tuntaskan yang 4% ini di Jawa Tengah sehingga tidak ada lagi yang BAB Sembarangan,” ajaknya. (hen)