29 November 2022

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jendral TNI Dudung Abdurachman didampingi oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji meresmikan Lapangan Panglima Besar Jenderal Soedirman yang nantinya akan dijadikan sebagai Lapangan Artifisial bertaraf internasional dan berstandar FIFA.

CILACAP – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jendral TNI Dudung Abdurachman didampingi oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji meresmikan Lapangan Panglima Besar Jenderal Soedirman yang nantinya akan dijadikan sebagai Lapangan Artifisial bertaraf internasional dan berstandar FIFA. Persemian Lapangan yang sebelumnya dikenal eks-Batalyon 405 tersebut ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti peresmian pada Selasa (221/06/22).

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jendral TNI Dudung Abdurachman melakukan penandatanganan prasasti peresmian Lapangan Panglima Besar Jenderal Soedirman

Lapangan Panglima Besar Jenderal Soedirman tersebut dibangun di atas lahan seluas 7.700 meter persegi yang mana merupakan lahan TNI AD. Ditemui usai acara peresmian, Kasad berharap agar masyarakat Cilacap dapat memanfaatkan sebaik mungkin Lapangan tersebut untuk menjadi sarana olahraga.

“Semoga lapangan ini bermanfaat khususnya bagi generasi muda di Kabupaten Cilacap, yang nantinya akan justru meningkatkan generasi muda yang handal, yang sportifitas, yang energik dan disini juga nantinya akan dimanfaatkan beberapa sarana olahraga baik voli maupun basket termasuk sarana lainnya sehingga akan sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat,” ucapnya.

Terwujudnya pembangunan Lapangan Panglima Besar Jenderal Soedirman sekaligus menunjukkan adanya kerjasama dan komunikasi yang berjalan baik antara satuan TNI AD di wilayah dengan pemerintah di daerah.

“Justru dengan kehadiran sarana ini, akan lebih mempererat kedekatan TNI AD dengan rakyat. Ini bukan hanya lahan TNI AD, tetapi asetnya warga Cilacap. Sehingga kami berterimakasih atas kerjasamanya dengan Pemerintah Daerah dan semoga sarana ini bisa bermanfaat,” harapnya.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mendampingi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jendral TNI Dudung Abdurachman dalam acara Peresmian Lapangan Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Sementara itu, Komandan Kodim 0703/Cilacap Andi Affandi dalam paparannya mengatakan bahwa pembangunan yang telah dan sedang dilaksanakan menggunakan APBD Perubahan Tahun 2021 Belanja Hibah Barang berupa pembangunan kios kuliner dan jalan akses masuk, lapangan sepakbola standar internasional, lapangan basket, dan penataan zona selatan lapangan.

“Yang sudah dilaksanakan sampai saat ini adalah dua tahap, yaitu sampai dengan pembangunan Lapangan Sepakbola Standar Internasional Artifisial, yang kami laporkan dengan bangga hanya ada dua di Indonesia yaitu di Jakarta dan di Kabupaten Cilacap,” terangnya.

Bupati Cilacap juga mengatakan bahwa Lapangan Panglima Besar Jenderal Soedirman nantinya akan digunakan sebagai home base Klub Sepak Bola kebanggaan masyarakat Kabupaten Cilacap yaitu PSCS.

“Jangan lupa ajak masyarakat untuk ikut memiliki, jadikan ini milik mereka pula, ajak mereka untuk menyayangi dan mencintai olahraga. Dengan demikian maka semua akan memiliki semangat untuk memelihara fasilitas di Lapangan Jenderal Soedirman ini dengan baik dan menggunakannya dengan baik pula,” jelas Bupati. (hen)

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jendral TNI Dudung Abdurachman berfoto bersama Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji beserta jajaran Forkopimda Cilacap