9 Februari 2023

Pj. Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar dan Vice President PT KAI (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto Daniel Johannes Hurabarat menandatangani kesepakatan bersama dan perjanjian kerja sama.

CILACAP – Untuk mempererat hubungan antara PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto dengan Pemerintah Kabupaten Cilacap, telah dilaksanakan penandatanganan naskah kesepakatan bersama dan perjanjian kerja sama. Hal ini dimaksudkan sebagai langkah awal dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Cilacap.

Penandatanganan dilaksanakan di ruang Gadri Pemkab Cilacap oleh Pj. Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar, Vice President PT KAI (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto Daniel Johannes Hurabarat, dan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cilacap Wijonardi. Turut hadir Sekretaris Daerah Awaluddin Muuri, para kepala OPD, dan jajaran PT KAI (Persero) Daop 5 Purwokerto.

PT KAI berharap agar kerjasama yang dibangun ini nanti akan mendukung program pemerintah di daerah, khususnya dalam hal pariwisata dan penanggulangan bencana. “Kita ada bencana di daerah Jeruklegi dan Kawunganten, dimana semua tidak bisa bergerak dalam waktu dua hari. Kemudian kita dibantu Pak Wijonardi dengan pengerahan masyarakat sekitar supaya jalur kereta kita perbaiki. Harapan kami kedepan, kita bisa support even-even pariwisata, bagaimana stasiun Cilacap, Jeruklegi, dan Gumilir kita gunakan untuk mendukung pariwisata,” kata Daniel Johannes Hutabarat.

Objek kesepakatan bersama ini adalah kerja sama peningkatan kualitas pelayanan publik dalam bidang kebencanaan, infrastruktur, dan transportasi. Adapun ruang lingkup dari kesepakatan bersama ini meliputi peningkatan kapasitas dan pemanfaatan sumber daya, penyelenggaraan penanggulangan bencana, pembangunan dan pemeliharaan jalan, dan bidang lain yang disepakati.

“Tentunya, adanya kesepakatan bersama ini telah melalui beberapa tahap yang menghasilkan kesimpulan bahwa kerja sama yang disepakati akan memberikan manfaat dan dampak positif kepada kedua belah pihak dalam aspek pemerintahan maupun pelayanan publik yang pada akhirnya dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” kata Pj. Bupati dalam sambutannya.

Dengan adanya perjanjian kerja sama ini diharapkan ada tindak lanjut dan dapat terealisasi secara efektif, sehingga mampu memberikan dampak nyata yang dapat dirasakan secara langsung oleh kedua belah pihak dan juga masyarakat.

Untuk mewujudkan hal tersebut, seluruh perangkat daerah terkait untuk secara aktif dan kooperatif turut mendukung secara penuh pelaksanaan kesepakatan bersama ini, sehingga pada akhirnya pelayanan publik yang prima mampu terealisasi secara nyata.