8 Februari 2023

Pelepasan tanda peserta sebagai tanda telah selesainya pelaksanaan LT III oleh Ketua Kwarcab Cilacap Awaluddin Muuri.

CILACAP – Lomba Tingkat (LT) III Regu Penggalang Tingkat Kwartir Cabang 1101 Cilacap Tahun 2022 resmi ditutup oleh Sekretaris Daerah Awaluddin Muuri selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang. Penutupan dilaksanakan dalam suatu upacara di Bumi Perkemahan Jambusari Kecamatan Jeruklegi pada Sabtu (12/11/2022). Turut hadir pada kesempatan tersebut jajaran Pengurus, Andalan, dan Pelatih Kwarcab

Lomba LT III dilaksanakan dari tanggal 9 sampai 12 November 2022 dan merupakan kegiatan berjenjang dari tingkat Gugus Depan (LT I) sampai dengan tingkat Nasional (LT V).

Peserta lomba LT III adalah anggota Pramuka Penggalang putra dan putri perwakilan dari seluruh Kwarran di Kabupaten Cilacap dengan jumlah peserta sebanyak 384 orang, pendamping putra putri 48 orang, dan pimpinan kontingen 24 orang. Jumlah seluruhnya adalah 456 orang. Kegiatan yang dilombakan mencangkup 22 materi.

Dalam sambutannya, Ketua Kwarcab menyampaikan bahwa LT III merupakan ajang pertemuan Pramuka Penggalang dengan beragam kegiatan dan lomba. “Salah satu kegiatan bagi Pramuka Penggalang adalah Perkemahan Lomba Tingkat III yang merupakan pertemuan besar Pramuka Penggalang dengan berbagai aktivitas yang bersifat kreatif, produktif, edukatif, inovatif, dan rekreatif dalam bentuk perlombaan,” kata Awaluddin.

Ketua Kwarcab juga berharap agar LT III nantinya dapat membentuk Pramuka Penggalang yang bertaqwa, berkepribadian, dan cakap. “Semoga dengan adanya kegiatan LT III ini kita semua terutama adik-adik peserta dapat lebih meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, rasa tanggungjawab serta rasa cinta terhadap nusa dan bangsa. Selain itu diharapkan dapat meningkatkan tali persaudaraan, ikut memperkuat jati diri bangsa dan kemantapan mental, fisik, pengetahuan, serta jiwa kepemimpinan,” tambahnya.

Dari semua materi yang dilombakan regu putra dari Kwarran Majenang berhasil mendapatkan peringkat I dengan perolehan 4 emas, 2 perak, dan 1 perunggu. Untuk regu putri, Kwarran Binangun meraih peringkat I dengan perolehan 4 emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Selanjutnya kedua regu tersebut berhak mewakili kontingen Kwarcab 1101 Cilacap untuk berkompetisi di ajang LT IV Kwarda 11 Jawa Tengah yang akan dilaksanakan pada 28 November sampai 2 Desember 2022 di Puskepram “Candra Birawa” Karanggenang Kota Semarang.

Hasil Lengkap LT III

Secara lengkap hasil LT III Kwarcab 1101 Cilacap tahun 2022 adalah :

Regu Penggalang Putra :

Peringkat 1 regu Elang (Kwarran Majenang) 4 emas, 2 perak, 1 perunggu

Peringkat 2 regu Rajawali (Kwarran Wanareja) 3 emas, 1 perunggu

Peringkat 3 regu Rajawali (Kwarran Cilacap Utara) 2 emas, 2 perak, 2 perunggu

Regu Penggalang Putri :

Peringkat 1 regu Sekar Manggar (Kwarran Binangun) 4 emas, 1 perak, 1 perunggu

Peringkat 2 regu Edelweis Abadi (Kwarran Karangpucung) 3 emas

Peringkat 3 regu Teratai (Cilacap Utara) 2 emas, 3 perak, 1 perunggu