29 November 2022

Ketua Mabicab Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menjadi Pembina Upacara HUT Ke-61 Gerakan Pramuka tingkat Kwarcab 1101 Cilacap.

CILACAP – Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-61 Pramuka tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) 1101 Cilacap diperingati dalam suatu upacara di lapangan Bumi Perkemahan Jambusari, Kecamatan Jeruklegi pada Senin (29/8/2022). Bertindak selaku Pembina Upacara Bupati H. Tatto Suwarto Pamuji selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Cilacap.

Hadir dalam upacara tersebut perwakilan Forkopimda, Ketua Kwarcab Awaluddin Muuri, para Kepala OPD, para Camat, Korwil Bidang Pendidikan, Pengurus/Andalan Kwarcab, dan para Ketua Kwartir Ranting (Kwaran) se-Kabupaten Cilacap.le

Upacara yang dimeriahkan oleh paduan suara SMP N 2 Jeruklegi dan drum band SMP Muhammadiyah Jeruklegi ini diikuti oleh enam peleton Pramuka Siaga, lima peleton Pramuka Penggalang, dan tiga peleton Pramuka Penegak. Mereka berasal dari sekolah-sekolah di wilayah Kecamatan Jeruklegi.

Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Komjen Pol (Purn) Budi Waseso dalam sambutannya yang dibacakan oleh Bupati menyampaikan bahwa sesuai dengan tema Hari Pramuka tahun ini, Gerakan Pramuka selalu mengabdi tanpa batas.

“Tema utama peringatan Hari Pramuka Ke-61 dan semua kegiatan tingkat nasional pada tahun ini adalah “Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”. Tema ini menunjukkan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang,” kata Ketua Kwarnas.

Pengabdian yang dilakukan adalah bagian dari pendidikan didalam Gerakan Pramuka. Sejak Pramuka Siaga telah dididik untuk memberikan perhatian kepada sesama dan siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan.

Ketua Kwarnas juga mengapresiasi peran Pramuka dalam penanggulangan Covid-19. Seperti diketahui bahwa saat ini masih dalam situasi pandemi dan penerapan protokol kesehatan juga masih berlaku.

“Saya berterimakasih atas peran serta semua yang terlibat dalam membantu menanggulangi Covid-19. Antara lain melalui Gerakan Kedisiplinan Nasional dengan mematuhi protokol kesehatan dan mengajak sebanyak mungkin orang untuk mematuhinya. Selain itu juga adanya Gerakan Kepedulian Nasional dengan menunjukan sikap empati dan simpati siap menolong mereka yang terdampak Covid-19,” tambahnya.

Diakhir pelaksanaan upacara tersebut, diserahkan sejumlah bantuan dari Baznas dan penghargaan kepada anggota Pramuka yaitu Lencana Melati 10 orang, Lencana Darma Bakti 7 orang, Lencana Karya Bakti 1 orang, dan Lencana Pancawarsa 55 orang. Selain itu diserahkan pula Trophy Kejuaraan Lomba Gugus Depan Mantap Tergiat Tahun 2022 Tingkat Kwarcab 1101 Cilacap untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA serta Lomba Kwartir Ranting Tergiat Tahun 2022 Papan Utama, Papan Madya, dan Papan Purwa.