9 Februari 2023

Pj. Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar membuka acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 se-Kabupaten Cilacap yang digelar di Ruang Jalabhumi Komplek Sekretariat Daerah Kabupaten Cilacap pada Rabu (04/01/22).

CILACAP – Untuk mempersiapkan pelaksanaan pesta demokrasi pada Tahun 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cilacap melantik 120 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 se-Kabupaten Cilacap. Pj. Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar membuka acara yang digelar di Ruang Jalabhumi Komplek Sekretariat Daerah Kabupaten Cilacap pada Rabu (04/01/22) tersebut.

Dalam sambutan pembukaannya, Pj. Bupati menyampaikan bahwa Pemilu merupakan cara yang dipilih oleh Bangsa Indonesia dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakatnya. Sehingga Pj. Bupati mengingatkan agar masyarakat Cilacap nantinya tetap menjaga demokrasi tanpa anarkis.

“Indonesia itu demokrasi Pancasila, jd semua bisa di musyawarahkan. Jadi jangan kemudian muncul konflik lalu menjadi anarkis. Kalau sudah anarkis nanti akan merusak sistem, merusak nilai-nilai demokrasi,” ucapnya.

Pj. Bupati juga berpesan bahwa terdapat beberapa tugas PPK yaitu mulai dari sosialisasi, verifikasi, hingga pada saat pelaksanaan pemilu nantinya. Namun, tugas yang tak kalah penting yang ditekankan Pj. Bupati adalah untuk mencegah dan menangani jika nantinya terjadi konflik serta tidak terlibat ke dalam konflik itu sendiri.

“Saya meminta karna ini ajang demokrasi, tentu harus tau tentang aturan dan pedomannya karena memang rawan konflik. Yang saya pesankan adalah jangan sampai terlibat ke dalam hal-hal yang tidak diperlukan dalam aturan, harus tahu betul resiko yang dihadapi. Prinsipnya profesional dan paham tentang aturan dan pedoman,” pesan Pj. Bupati.

Pj. Bupati juga menegaskan bahwa ASN khususnya di Kabupaten Cilacap harus bersifat netral dalam menghadapi pemilu nantinya. “Saya sudah menyampaikan berkali-kali bahwa ASN harus netral didalam proses penyelenggaraan pemilu. Oleh karena itu, karena ini nanti akan panjang waktunya, Saya akan memastikan KPU dan Bawaslu bekerja secara profesional dan Saya juga mengawasi ASN di Kabupaten Cilacap supaya patuh terhadap aturan sebagai ASN,” tegasnya.

Dalam laporannya, Ketua KPU Cilacap Handi Tri Ujiono menjelaskan bahwa PPK dibentuk untuk menjalankan tugas menjaga integritas, moralitas dan profesionalisme berdasarkan asas dan prinsis penyelenggaraan pemilu serta melayani pemilih dan peserta pemilu dengan adil dan setara.

“Semoga kita diberikan kesehatan, kemuliaan, kesejahteraan, dan kebahagiaan. Mari sukseskan pemilu dengan bahagia, bersama KPU kita bahagia,” tutupnya. (hen)