28 September 2022

Peresmian Inisiasi Program Solusi Nelayan dengan menekan tombol secara simbolis

CILACAP – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Erick Thohir beserta Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) RI Teten Masduki mengadakan Kunjungan Kerja di Kabupaten Cilacap dalam rangka Peresmian Inisiasi Program Solusi Nelayan. Sekretaris Daerah Awaluddin Muuri hadir dalam Peresmian yang bertempat di Dermaga 3 pada Sabtu (17/09/22) tersebut.

Ditemui usai acara Peresmian, Menteri BUMN menjelaskan bahwa kegiatan Kunjungan Kerja bersama dengan Menteri Koperasi dan UKM tersebut atas perintah dari Presiden Joko Widodo untuk membantu kesejahteraan para nelayan.

“Tentu kita tahu, Indonesia ini Negara Kepulauan dan Kelautan yang luar biasa. Tetapi kalau kita lihat kehidupan nelayan kan masih disitu situ saja. Oleh karena itu, Kami dari Pemerintah ditugaskan oleh Presiden, untuk coba berinisiasi mencarikan solusi bagi nelayan yang memang taraf hidupnya harus ditingkatkan. Kesejahteraan nelayan harus menjadi bagian penting dari program Pemerintah,” ucapnya.

Dalam Program tersebut, salah satu solusi yang diberikan oleh Kementerian BUMN serta Kementerian Koperasi dan UKM yaitu melalui kerjasama dengan Pertamina untuk dapat menyalurkan langsung Solar Bersubsidi ke SPBU Nelayan yang dikelola oleh KUD Mino Saroyo.

“Solusi nelayan pada hari ini adalah memberikan akses untuk harga BBM yang selama ini mungkin didapatkan nelayan mulai dari Rp 7.000 hingga Rp 10.000, hari ini kita pastikan harganya Rp 6.800. Memang dalam program ini, Cilacap adalah sebagai pilot project dan nanti akan kita kembangkan di beberapa daerah lain, ” tegasnya.

Selain itu, Menteri Koperasi dan UKM juga menjelaskan bahwa nantinya para nelayan juga akan dibantu dalam pembiayaannya. Termasuk dalam pengelolaan hasil tangkapan dari para nelayan, nantinya akan dibantu dalam proses produksinya dan untuk dicarikan pembeli.

“Jadi kita supaya memikirkan lebih jauh, bukan hanya bagaimana nelayan mendapatkan akses bahan bakar, tetapi kita juga memikirkan bagaimana hasil tangkap nelayan ini juga dapat menghasilkan keuntungan dan kesejahteraan sebaik-baiknya,” jelasnya.

Ketua Koperasi Unit Desa (KUD) Mino Saroyo Cilacap Untung Jayanto berterimakasih dengan adanya Program Solusi Nelayan tersebut diharapkan akan membantu para nelayan dalam memproduksi hasil tangkapan yang lebih berkualitas dan terutama lebih mensejahterakan keluarganya.

Dalam kesempatan tersebut, BRI juga memberikan Bantuan Penerima KUR Mikro kepada nelayan di Cilacap sedangkan Pertamina memberikan Bantuan Sarana dan Prasarana Usaha Nelayan dan Perikanan Cilacap. (hen)