28 Maret 2023

Penekanan tombol sebagai tanda peresmian Priscilla Medical Center.

CILACAP – Rumah Sakit Priscilla Medical Center (PMC) yang berlokasi di Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap diresmikan penggunaannya oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada hari Jum’at (1/7/22).

Menko Airlangga hadir didampingi Menteri Perindustrian Agung Gumiwang Kartasasmita, Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, Anggota DPR RI Dito Ganinduto dan Hj. Teti Rohatiningsih, Komisaris Utama PT Sari Husada Bhakti Jacobus Dwihartanto, Direktur Utama PT Sari Husada Bakti Phoa Bing Han, dan Direktur PMC dr. Kukun Masykur.

Dalam laporannya Jacobus Dwihartanto selaku Komisaris Utama PMC menjelaskan bahwa PMC dibangun sebagai jawaban untuk masyarakat Kabupaten Cilacap dalam menambah kapasitas dan layanan kesehatan.

“Rancangan PMC didasarkan pada kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. Dapat saya katakan disini bahwa PMC diharapkan dapat dimasukan dalam tipe C dan menjadi jawaban tuntas masyarakat Kabupaten Cilacap yang sebelumnya harus dirujuk ke rumah sakit umum lainnya,” kata Jacobus.

Peninjauan ruangan di PMC oleh Menko Airlangga Hartarto.

Dalam sambutannya, Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji bersyukur dengan adanya PMC yang akan menambah fasilitas kesehatan di Kabupaten Cilacap. Nantinya tidak hanya dimanfaatkan oleh masyarakat di Kabupaten Cilacap tetapi juga wilayah Kabupaten Banyumas.

“PMC akan sangat sangat membantu masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatannya. Artinya masyarakat mempunyai banyak pilihan dalam menentukan fasilitas kesehatan yang dibutuhkan. Demikian juga untuk keberadaan Priscilla Medical Center, saya rasa dapat menjadi pusat rujukan kesehatan masarakat, terlebih tempatnya sangat strategis, tidak saja dari Kabupaten Cilacap tetapi juga bisa dari wilayah Kabupaten Banyumas dan sekitarnya,” kata Bupati.

Untuk itu diharapkan segenap jajaran PMC untuk terus meningkatkan pengelolaan manajerial, pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan para pegawainya sebagai usaha untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada pasiennya, disamping peningkatan sarana dan prasarana yang semakin representatif.

Penandatanganan prasasti peresmian PMC oleh Menko Airlangga Hartarto didampingi Bupati Tatto Suwarto Pamuji.

Menko Airlangga mengapresiasi keberadaan PMC dengan segala fasilitas pendukungnya yang telah ikut berpartisipasi dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Cilacap.

“Saya mengapresiasi keberadaan rumah sakit Priscilla Medical Center, karena ini merupakan rumah sakit modern yang ada di Cilacap. Dengan fasilitas baik dari UGD, IGD, radiologi, laboratorium dan juga ICU, saya lihat fasilitasnya sangat luar biasa. Ini tentu sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat pada saat kemarin Omicron meningkat. Pada saat itu Cilacap ter-back up oleh rumah sakit Priscilla,” kata Menko.

Peninjauan fasilitas kesehatan oleh Menko Airlangga.

PMC yang bermottto “Merawat Dengan Kasih Sayang” telah beroperasi sejak 25 Mei 2021 dengan beberapa fasilitas yang dibangun secara modern dan terpadu, diantaranya gedung tiga lantai, satu rooftop dan satu basement floor untuk parking area. Seluruhnya dikemas dengan bentuk arsitektur klasik, kokoh, nyaman, bersih, dan indah. Didalamnya terdapat 150 bed, 15 poliklinik umum dan spesialis yang ditangani 30 dokter. Selain itu juga terdapat IGD, tiga ruang operasi, laboratorium patologi, radiologi, ruang perawatan intensif, hemodialisis, apotik dan rehabilitasi medik.

Terdapat juga ruang penunjang, yaitu ruang serbaguna dengan kapasitas 200 orang, healing garden di setiap lantai, cafetaria, kantin pegawai, kolam ikan, ruang tunggu, dan taman bermain anak-anak.