28 Maret 2023

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji beserta jajaran Forkopimda melakukan Monitoring Kesiapan Pelaksanaan Kurban dan Pemotongan Hewan dalam Situasi Wabah Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) di Kabupaten Cilacap pada Jumat (08/07/22).

CILACAP – Jelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji beserta jajaran Forkopimda melakukan Monitoring Kesiapan Pelaksanaan Kurban dan Pemotongan Hewan dalam Situasi Wabah Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) di Kabupaten Cilacap pada Jumat (08/07/22).

Monitoring dilakukan di Kandang Ternak Sapi milik Kasiwan, Tritih Kulon Kecamatan Cilacap Utara dan Rumah Potong Hewan Ruminansia, Tritih Wetan Kecamatan Jeruklegi. Ditemui pada saat monitoring, Bupati Cilacap menegaskan bahwa seluruh hewan kurban di Kabupaten Cilacap dinyatakan sehat dan aman untuk dikonsumi.

“Jadi kami melakukan monitoring kesiapan hewan kurban. Kenapa dilakukan monitoring ? karna untuk dipastikan, sekali lagi dipastikan, bahwa hewan kurban itu sehat, baik dan layak untuk dikonsumsi atau untuk jadi kurban,” ucapnya.

Sebelumnya Bupati Cilacap juga berpesan kepada Dinas Pertanian ketika dilakukan monitoring dan kemudian terdapat hewan kurban yang terindikasi PMK, nantinya bagian kepala dan kaki dipisahkan agar tidak dikonsumsi.

“Saya sudah sampaikan kepada Dinas Pertanian, prosedur yang kena PMK tidak boleh dikurbankan atau dimakan kepalanya dan juga kaki. Itu harus dibuang. Tapi alhamdulillah di Cilacap ini setelah dipantau ternyata hewan kurban semuanya sehat dan baik,” tegas bupati.

Bupati Cilacap berterimakasih kepada para pemilik hewan kurban telah menjaga kondisi dan kualitas hewan kurbannya sehingga tetap sehat. Diharapkan juga agar kesehatan hewan kurban tetap terjaga hingga nantinya pelaksanaan penyembelihan pada Hari Raya Idul Adha.

“Di Cilacap kemarin yang kena 305 ekor tetapi 148 berhasil sembuh. Saya berterimakasih karena saya melihat sendiri semuanya (hewan kurban) sekarang sehat. Saya berharap sampai nanti Idul Adha pelaksanaan kurban dan juga seterusnya hewan kurban juga tetap sehat,” ungkapnya. (hen)

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji pada saat monitoring Rumah Potong Hewan Ruminansia, Tritih Wetan Kecamatan Jeruklegi