28 Maret 2023

Pembukaan Muscablub dengan agenda utama pemilihan ketua Kwarcab 1101 Cilacap pengganti antar waktu (PAW) masa bakti 2018-2023.

CILACAP – Terhitung mulai tanggal 1 April 2022, Kwartir Cabang (Kwarcab) 1101 Cilacap tidak memiliki ketua secara definitif, hal ini disebabkan Drs. Farid Ma’ruf, ST., MM. sebagai Ketua Kwarcab mengundurkan diri. Untuk itu Kwarcab melaksanakan musyawarah cabang luar biasa (Muscablub) dengan agenda utama pemilihan ketua Kwarcab pengganti antar waktu (PAW) masa bakti 2018-2023.
Muscablub diselenggarakan di gedung Jalabumi Pemkab Cilacap pada hari Kamis (7/7/22) yang dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Cilacap Syamsul Auliya Rachman, S.STP., M.Si. selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka, Plt. Ketua Kwarcab Awaluddin Muuri AP, M.M. Ketua Pusdiklatcab H. Narsim HS, S.Pd. para Pengurus/Andalan, dan para ketua Kwartir Ranting (Kwarran).
Dalam laporannya, Aris Munandar S.Sos., M.Si. selaku panitia menyampaikan bahwa peserta Muscablub adalah utusan cabang dan ranting. “Peserta musyawarah cabang luar biasa Kwarcab Cilacap adalah sebanyak 75 orang yang terdiri atas utusan cabang dan ranting, dengan perincian utusan cabang sebanyak 7 orang yang diberi kuasa oleh Plt. Ketua Kwarcab yang terdiri dari 5 orang unsur dari pengurus Kwarcab, 1 orang dari unsur Pusdiklatcab Cilacap dan 1 orang dari unsur dewan kerja cabang. Utusan ranting sebanyak 2 orang, yang diberi kuasa oleh Ketua Kwartir Ranting, yaitu unsur pimpinan dan andalan ranting,” jelasnya.
Plt. Ketua Kwarcab dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya sebagai Wakil Ketua Bidang Lingkungan Hidup ditunjuk sebagai Plt. atas usulan Kwarcab kepada Kwarda.
“Guna mengisi kekosongan pimpinan, Kwarcab 1101 Cilacap membuat usulan ke Kwarda Jawa Tengah untuk menunjuk saya selaku Waka Bidang Lingkungan Hidup menjadi Plt. Ketua Kwarcab 1101 Cilacap,” kata Awaluddin.
Tetapi Keputusan Ketua Kwarda Jawa Tengah hanya berlaku selama tiga bulan, artinya pada tanggal 8 Juli 2022 harus sudah ada perpanjangan keputusan selama tiga bulan lagi atau dilaksanakan Muscablub guna memilih Ketua Kwarcab Definitif.
Wakil Bupati berharap dengan Muscablub akan terpilih Ketua Kwarcab yang mempunyai visi dalam pembangunan Gerakan Pramuka. “Saya berharap, akan terpilih Ketua Kwarcab 1101 Cilacap yang baru, yang nantinya mempunyai visi ke depan serta mampu menggerakkan semua komponen masyarakat dalam pembinaan dan pembangunan Gerakan Pramuka di Kabupaten Cilacap,” kata Wabup.
Wabup menambahkan bahwa ketua terpilih harus mampu menggerakkan dan merapatkan barisan keluarga besar Pramuka Cilacap, agar lebih optimal dalam mengaktualisasikan jati diri dan potensi yang dimiliki. Karena Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan kepramukaan kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi muda yang lebih baik serta sanggup dan bertanggungjawab dalam mengisi kemerdekaan.
“Kepramukaan merupakan proses pendidikan luar sekolah dan di luar keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur dan terarah, praktis, dan dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan yang sasaran akhirnya adalah pembentukan watak. Untuk itu kepramukaan diselengarakan dalam berbagai bentuk kegiatan yang mengandung pendidikan yang disesuaikan dengan pembinaan dan perkembangan jiwa masing-masing golongan pramuka,” tambahnya.

Melalui sidang presidium yg dipimpin oleh Ir. Sujito, anggota perwakilan Kwarran, diputuskan Awaluddin Muuri AP, M.M. terpilih menjadi Ketua Kwartir Cabang Cilacap Antar Waktu masa bakti 2018-2023.

Peserta Muscablub adalah sebanyak 75 orang termasuk utusan Kwarran.
Awaluudin Muuri AP., MM. terpilih sebagai Ketua Kwarcab 1101 Cilacap Pengganti Antar Waktu masa bakti 2018 – 2023.