9 Februari 2023

Pengukuhan Bunda Forum Anak Kabupaten Cilacap secara virtual.

CILACAP – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP PA) Bintang Puspayoga mengukuhkan Bunda Forum Anak Tingkat Jawa Tengah. Ny. Hj. Teti Rohatiningsih selaku Ketua TP PKK Kabupaten Cilacap turut hadir secara virtual di ruang Prasanda kantor Bupati Cilacap dan dikukuhkan sebagai Bunda Forum Anak Kabupaten Cilacap.

Pengukuhan dilaksanakan pada Festival Anak Jawa Tengah sebagai puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 yang dipusatkan di Komplek Taman Sari Kota Lama Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (27/7/2022).

Festival yang mengangkat tema “Jogo Konco, Anak Terlindungi, Jawa Tengah Tangguh, Indonesia Maju” ini dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Forkopimda Banyumas. Peringatan Hari Anak bertujuan untuk memberikan penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak yang merupakan generasi penerus bangsa.

Dalam sambutannya, Menteri Bintang mengharapkan agar dalam peringatan Hari Anak Nasional Tahun ini tidak hanya selebrasi saja tetapi menjadi pengingat kita untuk selalu membuat dukungan bagi anak bangsa.

“Bapak ibu, mari kita ciptakan lingkungan yang lebih positif, suportif, dan ramah anak untuk anak sebagai generasi muda penerus bangsa,” kata Menteri.

Bunda Teti berharap agar anak Indonesia tumbuh dan bertalenta sesuai perubahan jaman, namun tidak lepas dari bimbingan orang tua. “Saya berharap anak-anak Indonesia mempunyai talenta yang sesuai dengan era globalisasi, karena kedepan tantangannya sangat luar biasa. Saya juga mengharap kepada orang tua untuk membimbing putra putri dengan mengoptimalkan fungsi keluarga,” katanya usai pengukuhan.

Dengan banyaknya kasus perundungan yang menimpa anak, Bunda Teti mendorong stakeholder untuk bisa memberikan perlindungan agar anak-anak bisa tumbuh dengan baik. ”Ibu menteri tadi menyampaikan banyaknya kasus perundungan yang dialami anak, kita prihatin. Mudah-mudahan dengan kebijakan pengampu wilayah, dinas terkait, perlindungan anak bisa dikuatkan terutama saat ini yaitu dari media sosial yang mengganggu mindset anak-anak kita,” pungkasnya.

Turut hadir di ruang Prasanda mengikuti acara Festival Anak Jawa Tengah secara virtual Kepala Bappeda Sujito, Kepala Dinas KB PP dan PA Budi Santosa, Kepala Dinas Sosial Arida Puji Hastuti, Duta GenRe dan Forum Anak Cilacap.

Bunda Forum Anak Kabupaten Cilacap berfoto bersama Forum Anak Cilacap.