29 November 2022

Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Angkat Citra Pariwisata Cilacap

CILACAP – Kegiatan pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Cilacap merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi kepariwisataan Kabupaten Cilacap, selain itu juga sebagai salah satu aset penting dalam peningkatan perekonomian masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji dalam sambutannya pada acara Grand Final Pemilihan Mas Mbak Duta Wisata Cilacap Tahun 2022. Acara bertempat di Gedung Griya Patra pada hari Rabu (22/6/22).

“Kegiatan ini akan memberikan nilai positif bagi generasi muda di Kabupaten Cilacap agar lebih mencintai dan melestarikan kebudayaan daerah, sekaligus ajang untuk membentuk generasi muda Kabupaten Cilacap yang lebih kreatif, inovatif, profesional, dan berwawasan luas. Selain itu melalui pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata ini, kita dapat menggali potensi yang dimiliki para peserta dalam mempromosikan sekaligus mengangkat citra pariwisata dan budaya Cilacap untuk mendukung kesuksesan berbagai program pariwisata di Kabupaten Cilacap,” kata Bupati.

Acara yang bertema “Cilacap Sheen of Java” tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas KB, PP dan PA Budi Santosa, Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Achmad Fauzi, dan para pejabat dilingkungan Pemkab Cilacap.

Lebih lanju Bupati mengingatkan bahwa Kabupaten Cilacap memiliki objek wisata yang menarik dan potensial untuk dikembangkan. Apabila berbagai potensi pariwisata tersebut dapat dimanfaatkan dengan optimal, tentunya akan memberikan kontribusi besar terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Dibutuhkan kerja keras dan kerja sama dari seluruh komponen masyarakat, khususnya generasi muda untuk berperan aktif dalam mensukseskan pembangunan di bidang pariwisata,” lanjut Bupati.

Dengan adanya pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Cilacap ini diharapkan mampu memberikan kesempatan yang luas kepada generasi muda Cilacap sebagai penerus pembangunan, untuk berperan aktif dalam meningkatkan branding pariwisata Kabupaten Cilacap.

Pada Grand Final ini akan dipilih duta wisata yang mempresentasikan karakter generasi muda Kabupaten Cilacap, yaitu berwawasan luas, berpikiran terbuka, berkepribadian menarik, dan mau mempromosikan pariwisata Kabupaten Cilacap yang memenuhi kriteria LIGHT (Leadership, Intelligence, Graceful, Humanity, Talented).

Setelah melalui penilaian, terpilih juara untuk beberapa kategori. Kategori Mas Intelegensia yaitu Rizky Ananda dari Politeknik Negeri Cilacap, dan Mbak Intelegensia Indri Alfiyani, mahasiswi Universitas Indonesia.

Untuk Wakil 3 Mas Duta Wisata, Deva Akbar dari SMK Negeri 2 Cilacap, dan Wakil 3 Mbak Duta Wisata, Selvi Puspita dari SMK Negeri 1 Bantarsari. Wakil 2 Mas Duta Wisata, Rahmat Subur dari SMK Negeri Nusawungu dan Wakil 2 Mbak Duta Wisata, Aline Bella dari Politeknik Negeri Cilacap. Wakil Mas Duta Wisata 1, Anam Naufal dari Politeknik Negeri Cilacap, dan Wakil Mbak Duta Wisata 1, Atika Estining dari Universitas Negeri Semarang. Mas dan Mbak Duta Wisata Favorit, dimenangkan oleh Arifudin Zuhri dari MAN 3 Cilacap dan Rizha Dhea dari Politeknik Negeri Cilacap.

Selanjutnya untuk Mas dan Mbak Duta Wisata terpilih untuk Tahun 2022, yakni M. Firmansyah dari Gandrungmangu, dan Shinta Indah dari SMK Negeri 1 Cilacap.