Pemkab Cilacap Serahkan Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik Tahun Anggaran 2021

0
164
Bupati Tatto Suwarto Pamuji lakukan penyerahan secara simbolis Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik Tahun Anggaran 2021
image_pdfimage_print

CILACAP – Sebagai salah satu wujud kepedulian guna membangun kemandirian partai politik di Kabupaten Cilacap, Pemerintah Kabupaten Cilacap serahkan Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik Tahun Anggaran 2021. Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Tatto Suwarto Pamuji di ruang Gadri Komplek Rumah Dinas Bupati pada Kamis (29/7).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Sadmoko Danardono menyampaikan dalam laporannya bahwa bantuan keuangan kepada Partai Politik Kabupaten Cilacap Tahun Anggaran 2021 yaitu total sebesar Rp 2.918.784.000 dan akan dialokasikan kepada 9 Partai Politik yang mendapatkan kursi di DPRD Kabupaten Cilacap pada Pemilu Tahun 2019.

“Partai Politik yang menerima bantuan yaitu PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Gerindra, dan Partai Nasdem. Khusus kepada Partai Amanat Nasional saat ini belum bisa diserahkan kepada yang bersangkutan karena belum dapat memenuhi persyaratan administrasi yang telah ditentukan dan bantuan tersebut akan diberikan apabila sudah melengkapi ketentuan administrasi yang dimaksud,” jelasnya.

Bupati menyampaikan bahwa dengan adanya bantuan yang diberikan Pemkab Cilacap kepada Partai Politik di Cilacap selain untuk kemandirian diharapkan dapat meningkatkan kepedulian Partai Politik untuk bersama-sama membantu dimasa pandemi Covid-19.

“Kepedulian partai ini adalah untuk turun ke bawah pertama yaitu untuk mensukseskan serbuan vaksin. Semua partai apapun harus dilibatkan, bukan politisasi tapi kebersamaan. Jadi ini adalah salah satu tujuan diserahkan bantuan yaitu untuk turun ke bawah, sosialisasi kepada masyarakat yang masih ngeyel, selanjutnya adalah dengan vaksinasi dan Pemerintah akan mendukung,” ucapnya.

Ketua DPRD Kabupaten Cilacap yang sekaligus Ketua DPC PDIP Kabupaten Cilacap Taufik Nurhidayat menyampaikan rasa terimakasih kepada Pemkab Cilacap atas bantuan yang diberikan kepada Parpol sehingga dapat dimanfaatkan untuk membantu masyarakat.

“Bupati menyarankan agar vaksin jangan dipolitisasi, maka DPRD yang terdiri dari partai politik, per dapil akan melaksanakan vaksinasi secara gotong royong. Jadi hari ini tidak membicarakan partai politik tetapi bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten dan bersama-sama dengan Bupati ikut perang melawan Covid-19,” terangnya.

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Cilacap Sindi Syakir juga menyampaikan bahwa akan mendukung secara penuh bahwa dibutuhkan harmonisasi antara eksekutif dan legislatif perihal serbuan vaksin untuk masyarakat di Kabupaten Cilacap.

“Partai politik mempunyai tanggungjawab yang sama yaitu legislatif adalah persatuan partai politik kemudian bersama dengan eksekutif memberikan pelayanan baik mempromosikan prokes, menangani pandemi termasuk juga nantinya Covid-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan namun juga pada segi ekonomi sehingga ini menjadi PR kita bersama,” ucapnya. (hen)