8 Februari 2023

Pj. Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar menanam pohon dalam aksi peduli lingkungan di Desa Citepus Kecamatan Jeruklegi.

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap bersama PT. Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap melaksanakan aksi peduli lingkungan dengan menanam 1.000 bibit pohon di desa Citepus Kecamatan Jeruklegi. Aksi yang dibantu sejumlah relawan lingkungan tersebut dilaksanakan pada Senin (16/1/2023).

Turut hadir pada kegiatan tersebut Pj. Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar, Ketua DPRD Taufik Nurhidayat, para kepala OPD, jajaran PT. KPI RU IV Cilacap, Forkopimcam Jeruklegi dan perangkat desa Citepus.

Beberapa jenis pohon yang ditanam merupakan tanaman keras, yaitu Picuk, Kluwek, Trembesi, Aren, dan Petai. Menurut Pj. Bupati, dipilihnya jenis tanamana tersebut karena mampu menyimpan air dan sangat cocok dengan kondisi tanah di Desa Citepus.

“Tujuannya adalah bagaimana kita bisa mempunyai pohon yang mampu menyimpan air, berarti yang ditanam pohon keras, karena disini tanahnya mudah longsor. Kalau musim kemarau itu kering, kekurangan air. Sehingga butuh pohon yang keras dan bagaimana ia menyimpan air dan juga bisa menahan dengan akarnya supaya tidak longsor,” kata Pj. Bupati.

Ia juga menambahkan perlunya budaya menanam di kalangan masyarakat, karena dengan menanam pohon banyak manfaat yang bisa didapat khususnya dalam pencegahan bencana. “Budaya menanam itu harus ditumbuhkan. Kalau warga Cilacap mempunyai budaya menanam pohon, Cilacap akan terhindar dari kekeringan dan longsor,” tambahnya.

Senada dengan Pj. Bupati, Ketua DPRD Taufik Nurhidayat berharap langkah PT KPI RU IV Cilacap bisa menginspirasi pihak lain maupun masyarakat untuk gemar menanam pohon. “Ini bisa menjadi inspirasi, dorongan dan contoh. Bisa diikuti tidak hanya oleh CSR yang lain, tapi oleh masyarakat. Semuanya harus berpacu, mulai hari ini gemar menanam pohon,” katanya.

Kegiatan penanaman pohon oleh PT KPI tidak hanya kali ini saja, PT KPI secara aktif melalui CSR turut serta mendukung aktivitas peduli lingkungan di Kabupaten Cilacap. Menurut HSSE Manager PT KPI RU IV Cilacap Hartanto, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan relawan aktif dalam aksi penanaman pohon di sejumlah wilayah di Kabupaten Cilacap.

“Kami ucapkan terimakasih kepada DLH, Pemerintah Kabupaten Cilacap, Ketua DPRD dan masyarakat. Penanaman seribu pohon ini sebenarnya banyak kita lakukan. Seperti di Kutawaru tahun lalu. Hari ini kita melibatkan pada penggerak masyarakat yang menginginkan penanaman ini tetap berjalan,” kata Hartanto.