13 Agustus 2022

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji turut serta melakukan enanaman 1.000 Pohon Cemara Laut di Pantai Bunton Kecamatan Adipala.

CILACAP – Dalam rangka penanggulangan abrasi, Pemkab Cilacap bersama PT Indonesia Power PLTU melakukan kegiatan Penanaman 1.000 Pohon Cemara Laut di Pantai Bunton Kecamatan Adipala. Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji turut serta melakukan penanaman pohon yang dilaksanakan pada Jumat (24/06/22) tersebut.

Turut hadir dan ikut melakukan penanaman pohon dalam acara tersebut General Manager PT. Indonesia Power PLTU Jawa Tengah 2 Adipala OMU Slamet Suwardi, segenap jajaran Forkopimda Kabupaten Cilacap serta Forkopimcam Kecamatan Adipala, jajaran Pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap, serta masyarakat setempat yang turut serta menanam pohon.

Indonesia Power PLTU Jawa Tengah 2 Adipala OMU seperti yang disampaikan oleh General Manager dalam sambutannya melakukan beberapa kegiatan dalam rangka berkontribusi untuk melestarikan alam dan lingkungan sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022.

“Yang pertama adalah membangun hutan tanaman energi yang merupakan langkah nyata untuk menjadikan PLTU Adipala yang saat ini berbasis fosil menggunakan bahan bakar batubara untuk Co-firing menjadi bahan bakar yang ramah lingkungan dan terbarukan,” ucapnya.

Selain itu juga diadakan giat bersih – bersih pantai yang berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 875 kg dan selanjutnya yaitu melakukan pavingisasi dan betonisasi jalan desa. “Untuk kegiatan penanaman 1.000 pohon sudah dilakukan sejak 5 juni dan akan berakhir pada hari ini tanggal 24 Juni,” jelasnya.

Dalam acara tersebut, Bupati Cilacap juga menyerahkan piagam penghargaan atas penanaman 1.000 pohon kepada GM PT. Indonesia Power PLTU Jawa Tengah 2 Adipala OMU. Dilakukan juga Penyerahan 200 Kantong Produk FABA Special Blend yang merupakan inovasi terbaru dari PT. Indonesia Power, yang secara simbolis diserahkan oleh GM PT. Indonesia Power PLTU Jawa Tengah 2 Adipala OMU kepada Bupati Cilacap dan akan diteruskan kepada Camat Adipala Teguh Prastowo.

Dalam sambutannya, Bupati Cilacap menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya bersama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap, pelaku usaha dan masyarakat dalam mendukung komitmen pemerintah sebagai anggota G20 untuk mengendalikan perubahan iklim, dengan target mengurangi emisi karbon sebesar 29% sampai dengan Tahun 2030.

“Harapan saya, mudah – mudahan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan, karena benar – benar dapat dirasakan manfaatnya, selain untuk menjaga kelestarian lingkungan juga untuk meminimalisir dampak perubahan iklim, salah satunya abrasi pantai akibat kenaikan permukaan air laut khususnya di area Pantai Bunton,” kata Bupati. (hen)