Pengukuhan Pengurus Dekopinda Cilacap, Wabup : Koperasi Harus Bertransformasi Secara Digital

0
87
Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman bersama Ketua Dekopinwil Jateng Walid, Ketua Dekopinda Cilacap Djumadi serta para anggota Dekopinda Cilacap yang telah dikukuhkan
image_pdfimage_print

CILACAP – Dalam era revolusi industri 4.0, Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman mendukung adanya digitalisasi koperasi agar bertransformasi memanfaatkan teknlogi. Hal tersebut disampaikan dalam acara Pengukuhan Pengurus Dewan Koperasi Indonesia Daerah (DEKOPINDA) Kabupaten Cilacap Masa Bhakti Tahun 2021 – Tahun 2025 yang bertempat di Pendopo Wijayakusuma Cakti pada Jumat (15/10).

Wakil Bupati sangat mendukung terhadap kemajuan koperasi terutama di bidang teknologi yang kini sangat gencar pemanfaatannya dengan menggunakan sistem digital. Untuk itu, dengan adanya pengurus baru yang telah dilantik dapat terus menerapkan prinsip koperasi harus berada dan menyesuaikan dengan masyarakat.

“Koperasi harus bertransformasi, karena apa ? sekarang hampir semua orang menggunakan gadget. Informasi kaitannya dengan program keuangan, ekonomi baik yang syariah atau secara umum sangat cepat diterima oleh masyarakat. Pinjaman online merebak dimana-mana padahal dengan bunga yang besar, dari situlah digitalisasi koperasi harus didorong,” jelasnya.

Oleh karena itu, menyadari akan pentingnya peran koperasi tersebut maka koperasi-koperasi yang ada harus dikondisikan untuk menjadi koperasi yang sehat dan dinamis. Artinya koperasi yang dibangun adalah koperasi yang sehat usaha dan sehat manajemennya, serta mampu bersaing dengan sektor ekonomi lainnya.

“Saya berharap, agar selalu terjadi sinergi yang positif antara upaya yang dilakukan oleh gerakan koperasi dan pemerintah, sehingga koperasi menjadi kuat dan mampu meningkatkan perannya dalam mendorong pertumbuhan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat dan tetap menjadi salah satu soko guru perekonomian nasional,” terangnya.

Ketua Dekopinda Cilacap Djumadi menyampaikan terimakasih atas dukungan Pemkab Cilacap serta masyarakat terhadap Koperasi di Cilacap. “Oleh karena itu dengan terbentuknya susunan pengurus yang baru, kami mohon dukungan agar dapat mengemban amanah ini hingga tahun 2025,” ucapnya.

Selain itu, Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Walid mengatakan bahwa pengukuhan Dekopinda Cilacap Tahun 2021 merupakan sejarah karena pertama kalinya dilakukan pengukuhan dan dihadiri oleh para pejabat. Disebutkan juga bahwa Koperasi di Cilacap sudah cukup bagus hingga dapat dijadikan contoh untuk daerah lain.

“Kami sampaikan apresiasi setinggi-tingginya dan mudah-mudahan dinamika yang bagus di Cilacap terus dipertahankan sehingga Koperasi bisa membantu mewujudkan cita-cita dan visi ekonomi di Cilacap. Kalau memungkinkan, tahun depan Hari Koperasi Wilayah Provinsi Jawa Tengah diadakan di Cilacap. Mudah-mudahan kita bisa wujudkan karena nantinya bisa menjadi semangat yang luar biasa jika dapat ditampilkan disini,” ungkapnya.

Dilakukan upacara pengukuhan terhadap para anggota dengan membacakan ikrar dan penyerahan bendera lambang Koperasi dari Ketua Dekopinwil Jawa Tengah kepada Ketua Dekopinda Cilacap. Wakil Bupati juga memberikan selamat kepada para pengurus terlantik. (hen)

Pengukuhan terhadap para anggota dengan membacakan ikrar dan penyerahan bendera lambang Koperasi dari Ketua Dekopinwil Jawa Tengah kepada Ketua Dekopinda Cilacap
Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman memberikan selamat kepada para anggota yang telah dikukuhkan