29 Juni 2022

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dan Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman melakukan pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada perwakilan lansia.

CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji beserta Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman hadiri acara Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Cilacap yang diselenggarakan di Kantor Kecamatan Kedungreja pada Rabu (15/06/22).

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua TP PKK Cilacap Teti Rohatiningsih, Ketua DWP Cilacap Fitri Awaluddin, para Pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap, jajaran Forkopimcam serta para lansia. Dalam sambutannya, Bupati mengatakan bahwa Tema Hari Lanjut Usia Nasional Tahun 2022 adalah Lansia Sehat Indonesia Kuat.

“Melalui peringatan Hari Lanjut Usia Nasional inilah, menjadi salah satu bentuk apresiasi negara berupa penghargaan atas semangat jiwa raga serta peran penting dan strategi para lanjut usia di Indonesia dalam kiprahnya mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan, dan memajukan bangsa,” ujar Bupati.

Bupati menambahkan bahwa banyak dari para lansia yang masih produktif dan mempunyai keahlian tertentu yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung pembangunan. Untuk itu, para lansia diharapkan tetap dapat menyumbangkan ide dan membagi pengalaman kepada generasi muda.

“Agar dapat dilaksanakan dan diwujudkan menjadi produk-produk pembangunan untuk menunjang upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, karena pengalaman hidup para lansia merupakan pewaris nilai-nilai sosial budaya yang dapat menjadi panutan bagi kesinambungan kehidupan bermasyarakat,” kata Bupati.

Dalam acara tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Cilacap melakukan pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada perwakilan lansia. Dalam kesempatan tersebut juga diberikan 250 paket bantuan sembako kepada Lansia yang belum menerima Bantuan Sosial.

Ketua TP PKK Cilacap mengatakan ada 4 tagline dalam memperingati Hari Lanjut Usia Nasional ini yaitu Lansia Sehat, Lansia Produktif, Lansia Mandiri dan Lansia Tangguh. “Kami ingin bersama masyarakat agar Lansia Cilacap bisa sehat, produktif, mandiri dan tangguh. Untuk mewujudkan Lansia sehat, kita ada pemeriksaan kesehatan gratis bagi Lansia. Produktif dan mandiri kita ada pelatihan, dan tangguh untuk menghadapi situasi apapun,” jelasnya. (hen)