9 Februari 2023

Sebagai salah satu media untuk membahas Kebijakan dan Prioritas Pembangunan Kabupaten Cilacap di Tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Cilacap menggelar Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Cilacap Tahun 2024.

CILACAP – Sebagai salah satu media untuk membahas Kebijakan dan Prioritas Pembangunan Kabupaten Cilacap di Tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Cilacap menggelar Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Cilacap Tahun 2024. Acara yang digelar pada Rabu (04/01/22) di Aula Diklat Praja tersebut dibuka oleh Pj. Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar.

Dalam sambutan pembukaannya, Pj. Bupati menyampaikan bahwa Kabupaten Cilacap memiliki beberapa Pekerjaan Rumah yang harus diselesaikan bersama-sama terutama dalam hal kemiskinan, stunting, dan inflasi yang masih tinggi serta infrastruktur yang perlu dibenahi dan dianggarkan dengan benar.

“Jadi kata kuncinya bersama-sama, kalau tidak bersama-sama ini tidak akan pernah selesai. Yang harus kita perhatikan bersama-sama bahwa perencanaan betul harus kita dorong. Jangan kemudian kita berbicara tentang anggaran itu tidak berbasis pada perencanaan yang benar,” jelasnya.

Pj. Bupati juga menyampaikan bahwa Pemerintah Pusat mendorong Pemerintah Daerah untuk terus melakukan inovasi. Oleh karena itu, Pj. Bupati juga berpesan kepada seluruh OPD di Kabupaten Cilacap untuk terus menggali potensi agar dapat melahirkan inovasi.

“Inovasi itu pembaruan, 1 gerakan harus dapat menyelesaikan 3 masalah itu baru namanya inovasi. Di daerah sulit berinovasi karena kerjanya biasa saja, maka ini perlu kita dorong untuk banyak belajar berinovasi, Cilacap mempunyai potensi banyak sekali,” ucapnya.

Berbagai prestasi telah berhasil diraih di Tahun 2022 diantaranya yaitu Penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi dari Ombudsman tahun 2021, Penghargaan “Pelayanan Prima” dengan predikat A dalam penilaian Indeks Pelayanan Publik (IPP) tahun 2021, Penghargaan Abdi Bakti Tani dari Kementerian Pertanian tahun 2021,  Penghargaan ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia) tahun 2022 dan Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Kategori Nindya untuk tahun 2022.

“Di Tahun 2022, Kabupaten Cilacap sudah banyak mencapai prestasi-prestasi yang baik maka mari kita teruskan supaya di Tahun 2023 dan seterusnya Cilacap akan semakin baik dan hebat,” kata Pj. Bupati.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD beserta Para Wakil Ketua, Ketua Komisi dan Ketua Fraksi DPRD Kabupaten Cilacap, para Pejabat di Lingkungan Pemkab Cilacap, para Kepala Instansi Vertikal dan Instansi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di Kabupaten Cilacap, Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap, serta Pimpinan BUMN/BUMD/Perusda, Perguruan Tinggi, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Sosial, Organisasi Profesi dan Lembaga Swadaya Masyarakat.

Pelaksanaan Ranwal dipandu oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri selaku moderator. Sekda berharap nantinya rencana yang akhirnya telah dibuat dapat berjalan selaras dengan kebijakan dari Pemerintah Pusat agar semua target dapat tercapai.

“Mudah-mudahan kita dapat membangun rencana yang luar biasa, rencana yang hebat untuk Kabupaten Cilacap di Tahun 2024. Tentunya dengan berdoa semoga kebijakan Pemerintah Pusat itu selaras dengan rencana yang kita buat,” ucap Sekda. (hen)