29 November 2022

Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar membuka acara Rapat Koordinasi Perangkat Daerah Kabupaten Cilacap yang digelar di Ruang Jalabhumi Komplek Sekretariat Daerah Kabupaten Cilacap pada Selasa (22/11/22).

CILACAP – Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar membuka acara Rapat Koordinasi Perangkat Daerah Kabupaten Cilacap yang digelar di Ruang Jalabhumi Komplek Sekretariat Daerah Kabupaten Cilacap pada Selasa (22/11/22). Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri, para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, para Kepala Dinas OPD serta para Camat di lingkungan Pemkab Cilacap.

Ditemui usai pelaksanaan rakor, Pj Bupati Cilacap menerangkan bahwa terdapat 2 hal yang di garis bawahi menjadi bahasan pokok dalam rakor tersebut yaitu mengenai penanganan kebencanaan serta penanganan Covid-19.

“Saat ini karena memang ada beberapa daerah yang rawan bencana, maka sudah disiapkan skenario agar bencana itu bisa kita tangani bersama-sama. Kemudian juga tentang Covid-19 karena ada varian baru XBB, jadi memang di Jawa Tengah juga naik dan di Cilacap juga naik. Sementara dari data yang meninggal, 50% itu belum di vaksin. Jadi saya minta untuk booster dan menggunakan masker,” ucapnya.

Selain itu, Pj Bupati Cilacap mengatakan bahwa dengan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Cilacap yang masih berada pada angka 3%, cara menghadapi resesi ekonomi yaitu dengan cara menguatkan di sektor UMKM.

“UMKM itu harus dikuatkan karena yang paling kuat menghadapi goncangan ekonomi, resesi termasuk. Maka Pemerintah Kabupaten Cilacap harus mendorong mereka supaya mereka kemudian mandiri dan bisa berkembang,” jelasnya.

Sekda berpesan kepada seluruh Pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap untuk kemudian melakukan koordinasi terkait beberapa hal yang telah dibahas dalam pelaksanaan rakor tersebut. Diantaranya yaitu penanganan bencana banjir yang tengah melanda beberapa bagian di Kabupaten Cilacap dalam musim penghujan ini.

“Nanti kemungkinan Ibu Pj Bupati akan turun langsung untuk meninjau lokasi-lokasi bencana dan juga hunian sementara bagi para korban banjir. Sehingga saya minta para Camat untuk melakukan koordinasi, terkait juga beberapa kasus kebencanaan yang lain,” ucap Sekda. (hen)