29 November 2022

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara resmi melantik Yunita Dyah Suminar sebagai Penjabat (Pj) Bupati Cilacap menggantikan Tatto Suwarto Pamuji yang telah purna masa jabatannya sebagai Bupati Cilacap bersama dengan Syamsul Auliya Rachman sebagai Wakil Bupati Cilacap selama periode 2017-2022.

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara resmi melantik Yunita Dyah Suminar sebagai Penjabat (Pj) Bupati Cilacap menggantikan Tatto Suwarto Pamuji yang telah purna masa jabatannya sebagai Bupati Cilacap bersama dengan Syamsul Auliya Rachman sebagai Wakil Bupati Cilacap selama periode 2017-2022. Pelantikan tersebut dilakukan di Gedung Gradhika Bhakti Praja pada Sabtu (19/11/2022).

Dalam sambutannya, Gubernur menyampaikan bahwa Cilacap merupakan daerah yang potensial untuk tumbuh kembang investasi menjadi penting untuk mendapatkan perhatian. “Maka kalau ada investor masuk tolong jangan dipersulit, jangan dimintai duit. Dampaknya akan sangat berarti untuk masyarakat yang ada disana,” pesan Gubernur.

Selain itu, Gubernur juga berpesan mengenai cuaca dan daerah rawan bencana yang ada di Kabupaten Cilacap untuk terus dipantau dan diwaspadai. Kemudian pencegahan stunting juga perlu untuk terus digenjot agar angka kelahiran bayi stunting di Kabupaten Cilacap dapat dicegah.

“Menghadapi situasi yang tidak gampang, mungkin lapangan kerja tidak terbuka lebar, mungkin terjadi PHK dan sebagainya silahkan nanti komunikasi dengan para Kepala Dinas di Kabupaten Cilacap, di Provinsi maupun di Pusat, jadi kolaborasi,” ucapnya.

Gubernur juga berpesan untuk segera menyelesaikan APBD Kabupaten Cilacap dan untuk memprioritaskan kepada target-target dari Bupati dan Wakil Bupati sebelumnya yang masih belum terselesaikan.

“Untuk dipercepat dan disiapkan dengan baik target yang belum tercapai. Kemudian untuk infrastrukturnya memang harus digenjot dan harus berkolaborasi dengan struktur pemerintahan diatasnya maka akan berat,” jelasnya.

Ditemui usai acara pelantikan, Pj Bupati Cilacap menegaskan bahwa amanat yang diberikan oleh Gubernur Jawa Tengah akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan mengutamakan integritas.

“Jika kita berbicara masalah integritas maka harus ada transparansi dan akuntabilitas. Jadi kalau di Kabupaten Cilacap yang kita benahi adalah pelayanan publik harus yang cepat dan murah, jangan sampai masyarakat dipersulit, bayar mahal dan tidak ada kepastian waktu,” terangnya.

Pj Bupati juga mengatakan bahwa membangun Kabupaten Cilacap harus bersinergi. Sehingga Pj Bupati akan segera berkomunikasi dengan segala unsur yang ada di Kabupaten Cilacap diantaranya dengan Forkopimda, legislatif, dan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Cilacap.

“Birokrasi harus bersih dan melayani. No sogok menyogok, no bayar membayar, Saya akan memberi contoh yang pertama. Dan dengan Saya harus kerja keras, dan Kabupaten Cilacap harus lebih maju dan lebih baik,” kata Pj Bupati.

Dalam acara tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Jawa Tengah Atikoh Ganjar Pranowo juga melakukan Pelantikan Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap dan Pj. Ketua Dekranasda Kabupaten Cilacap yang diamanahkan kepada Fitri Awaluddin Muuri. Jabatan tersebut diberikan seiring dengan telah purna masa jabatan Teti Tatto Suwarto Pamuji sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Cilacap dan Ketua Dekranasda Kabupaten Cilacap. (hen)