Saksikan Penutupan Latihan Raider, Bupati Sematkan Brevet dan Baret

image_pdfimage_print

CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji turut memasangkan baret kepada prajurit yang telah selesai dan lulus dalam latihan pembentukan prajurit Raider. Upacara penutupan latihan dilaksanakan di lapangan Pangkalan Kopassus Kesatrian Amirul Isnaini, Daun Lumbung Cilacap pada Selasa (10/5/22).

Hadir pada kesempatan tersebut Komandan Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Danpusdiklatpassus) Kopassus, Brigjen TNI Agus Sasmita yang juga bertindak sebagai Inspektur Upacara dan Komandan Kodim 0703 Cilacap Letkol (Inf) Andi Afandi.

Danpusdiklatpassus Kopassus, Brigjen TNI Agus Sasmita bertindak sebagai Inspektur Upacara pada penutupan latihan Raider.

Menurut Agus, pasukan Raider merupakan pasukan yang memiliki kemampuan dengan kualifikasi yang dibutuhkan dalam berbagai operasi. “Mereka berasal dari satuan-satuan batalyon yang ada di seluruh Indonesia. Mereka dibentuk, diberikan kualifikasi raider untuk menambah kemampuan dari prajurit. Mereka nantinya bisa diterjunkan dalam operasi-operasi yang membutuhkan kualifikasi raid. Bisa raid penghancuran, raid pembebasan tawanan, operasi mobilisasi udara, pertempuran jarak dekat dan lain sebagainya. Itulah kemampuan yang dimiliki oleh mereka,” kata Brigjen Agus.

Danpusdiklatpassus Kopassus, Brigjen TNI Agus Sasmita memasangkan baret kepada prajurit.

Agus menambahkan, prajurit yang mengikuti latihan raider sebanyak 500 orang yang berasal dari berbagai Komando Utama (Kotama) di seluruh Indonesia. “Untuk mantan siswa ini dari seluruh Kotama TNI AD yang berjumlah 500 orang dengan lama pendidikan 63 hari. Alhamdulillah semuanya bisa lulus dan berhak mendapatkan kualifikasi raider,” tambah Brigjen Agus.

Usai penyematan brevet dan pemasangan baret, para prajurit memanggul komandan, bupati dan pelatih sambil bernyanyi dan yel yel penuh semangat. Hal ini dilakukan sebagai penghormatan dan luapan kebahagiaan karena telah selesai melaksanakan pelatihan.

Prajurit memanggul komandan, bupati dan pelatih usai penyematan brevet dan pemasangan baret.

Next Post

Kunjungi Lokasi Kebakaran Kapal di Cilacap, Menteri Kelautan dan Perikanan Ingatkan SOP

Rab Mei 11 , 2022
CILACAP – Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono hari Rabu (11/5/22) melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Cilacap. Kunjungan tersebut terkait dengan peristiwa terbakarnya 54 kapal nelayan di dermaga Batre dan Wijayapura Cilacap pada Selasa (3/5/22). Pasca kebakaran, sebanyak 554 anak buah kapal (ABK) kehilangan pekerjaan. Sebagai informasi, kebakaran […]
Instagram
Telegram
WhatsApp