9 Februari 2023

Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri membuka Gelar Pengawasan Kearsipan Daerah (LARWASIPDA) Kabupaten Cilacap Tahun 2022 yang bertempat di Gedung Patra Graha pada Senin (07/11/22).

CILACAP – Untuk mewujudkan pengelolaan kearsipan yang lebih baik, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri membuka Gelar Pengawasan Kearsipan Daerah (LARWASIPDA) Kabupaten Cilacap Tahun 2022 yang bertempat di Gedung Patra Graha pada Senin (07/11/22).

Dalam sambutannya, Sekda menyampaikan bahwa kegiatan pengawasan ini tentunya sangat penting dan bermanfaat untuk terciptanya budaya tertib arsip yang berkesinambungan. “Serta mendorong pencipta arsip dan lembaga kearsipan untuk menyelenggarakan kearsipan sesuai dengan prinsip, kaidah, standar kearsipan, dan peraturan perundangan yang berlaku untuk terwujudnya akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dan terjaganya memori kolektif bangsa,” jelasnya.

Diterangkan juga bahwa pekerjaan kearsipan menjadi suatu kebutuhan dan keharusan yang perlu diperhatikan oleh setiap instansi, baik pemerintah maupun swasta, termasuk Perangkat Daerah. Melalui sebuah arsip, akan diketahui sejauh mana dan bagiamana sesuatu itu ada dan terjadi.

“Kita akan memahami dan memaknai sesuatu tersebut setelah mengetahui sejarah, proses, dan perjalanannya, itulah arti penting dan posisi sebuah arsip. Pemahaman Seperti ini wajib kita punyai sebagai seorang Abdi Negara dan Abdi Masyarakat yang memiliki tugas, pekerjaan dan masa tugas yang panjang,” terangnya.

Sekda juga memaparkan sejumlah prestasi yang berhasil diraih Kabupaten Cilacap dalam bidang kearsipan, di antaranya adalah sebagai Peringkat Pertama tingkat Provinsi untuk kategori Pemilihan Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten/Kota pada tahun 2017, Juara II kategori Pemilihan Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten/Kota Tingkat Nasional dan Penghargaan Memori Kolektif Bangsa  (MKB) pada Tahun 2021.

Dalam acara tersebut, diumumkan juga 2 peringkat terbaik dari Hasil Pengawasan Kearsipan Internal kepada 28 OPD dan 24 Kecamatan di Kabupaten Cilacap. Untuk tingkat OPD, Kategori Baik peringkat 2 yaitu Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DISPERKIMTA) dengan nilai akhir 60,8 dan peringkat 1 yaitu Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPPD) dengan nilai akhir 63,44. Kemudian untuk tingkat Kecamatan, Kategori Baik peringkat 2 yaitu Kecamatan Cipari dengan nilai akhir 61 dan peringkat 1 yaitu Kecamatan Sidareja dengan nilai akhir 61.

Acara diakhiri dengan melakukan penandatanganan Komitmen Bersama oleh Sekda dan Kepala OPD serta Camat se-Kabupaten Cilacap dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip. “Yaitu upaya untuk meningkatkan kesadaran Lembaga Negara dan Pemerintah Negara dalam mewujudkan penyelenggaraan kearsipan melalui aspek kebijakan, organisasi, SDM kearsipan, sarana prasarana pengelolaan arsip serta pendanaan kearsipan,” jelas Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Achmad Fauzi.

Dalam acara tersebut, Sekda dengan didampingi Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan juga berkesempatan meninjau pameran fotografi mengenai arsip Kabupaten Cilacap pada masa lampau yang dipajang dalam acara tersebut. (hen)