29 November 2022

Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Perhubungan Nasional Tingkat Barlingmascakeb Tahun 2022 yang bertempat di Dermaga Multi Purpose, Pelabuhan Tanjung Intan pada Sabtu (17/09/22)

CILACAP – Dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional Tahun 2022, telah dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Perhubungan Nasional Tingkat Barlingmascakeb Tahun 2022 yang bertempat di Dermaga Multi Purpose, Pelabuhan Tanjung Intan pada Sabtu (17/09/22). Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Dalam sambutan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi yang disampaikan oleh Sekda Kabupaten Cilacap, dijelaskan bahwa di tengah masa pemulihan dari pandemi, Indonesia harus menghadapi perekonomian dunia yang belum sepenuhnya bangkit. Banyak negara mengalami krisis ekonomi dengan tingkat inflasi yang melambung tinggi.

“Namun, kita patut bersyukur, Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini. Di sektor transportasi nasional pun, kebangkitan itu mulai terlihat. Data BPS menunjukkan sektor transportasi telah berhasil tumbuh 21,27% di kuartal kedua 2022, dan memberi sumbangan positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,44%,” terangnya.

Sekda juga menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh Insan Transportasi di manapun berada. Yang bertugas di kota, di desa, di perbatasan dan di pulau-pulau terpencil. Yang telah mengabdi demi menjaga konektivitas di seluruh penjuru negeri.

“Saya juga ingin mengajak kita semua, untuk tetap mengenang jasa-jasa para pendahulu, yang telah gugur dalam tugas memajukan transportasi Indonesia. Kita kenang mereka semua sebagai pahlawan transportasi,” ajaknya.

Sekda juga menjabarkan bahwa banyak pembangunan yang harus di tuntaskan untuk meningkatkan konektivitas di seluruh nusantara. Masih banyak pekerjaan rumah untuk meningkatkan keselamatan transportasi. Perlu lebih agresif lagi untuk menciptakan integrasi antar moda di seluruh Indonesia. Dan juga tantangan-tantangan lainnya.

“Tantangan ini tidak akan bisa kita hadapi, tanpa kolaborasi, tanpa sinergi antara kita, pemangku kepentingan di sektor Transportasi. Oleh karena itulah hari perhubungan tahun ini mengambil tema “Bangkit Maju Bersama”. Kita tak akan cepat bangkit jika kita tidak bersama, tidak Bersatu. Mari kita wujudkan kolaborasi yang lebih baik lagi untuk memajukan transportasi Indonesia di masa mendatang,” ucap Sekda. (hen)