4 Desember 2023

Aretha Gitza Rasendriya dan Fityan Zaky Kamaluddin meraih medali emas.

Ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) merupakan kompetisi yang diadakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), sebuah Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Pada tahun 2023, OPSI diselenggarakan di Universitas Tarumanagara (Untar) DKI Jakarta pada tanggal 6 hingga 10 November. Kategori SMP menampilkan 100 Finalis dari berbagai wilayah di Indonesia, yang dibagi dalam tiga bidang penelitian, yakni Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusiaan, dan Budaya, serta Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa.

Aretha Gitza Rasendriya dan Fityan Zaky Kamaluddin, dua siswa dari SMP Negeri Cilacap, berhasil mencapai final dalam kompetisi OPSI. Penelitian mereka berjudul “Efektivitas Penggunaan Daun Ketapang (Terminalia Catappa) untuk Memperpanjang Masa Simpan Kerang Totok (Geloina Erosa)”. Setelah melewati seleksi ketat, keduanya diumumkan sebagai pemenang dengan meraih medali emas dalam kategori Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan pada OPSI SMP tahun 2023.

Kasidin, S.Pd, selaku Kepala SMP Negeri 1 Cilacap, mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi siswa-siswinya yang berhasil meraih penghargaan tertinggi di bidang riset tingkat nasional. “Sejak tahun 2021, SMP Negeri 1 Cilacap konsisten meraih medali dalam ajang bergengsi ini. Pada tahun 2021, mereka berhasil meraih medali emas, sementara pada tahun 2022, prestasi mereka tercatat dengan medali perunggu,” katanya bangga.

Di tahun 2023 ini SMP Negeri 1 Cilacap berhasil meraih medali emas. Keberhasilan ini tidak terlepas dari dedikasi dan kerja keras seluruh guru pembimbing yang mendapat dukungan penuh dari kepala sekolah dan seluruh guru.

Penelitian yang dilakukan oleh Aretha Gitza Rasendriya dan Fityan Zaky Kamaluddin bertujuan untuk memberdayakan kerang totok (Geloina Erosa), yang melimpah di wilayah perairan Cilacap namun memiliki masa simpan yang terbatas. Mereka merancang penelitian dengan tujuan utama memanfaatkan daun ketapang sebagai solusi untuk memperpanjang masa simpan kerang totok. Pendekatan ini melibatkan penambahan simplisia daun ketapang dalam proses pengawetan kerang totok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan daun ketapang lebih efektif dalam menjaga keawetan kerang totok dibandingkan dengan daun sirih atau daun kecombrang. Sebagai hasil dari temuan ini, Aretha Gitza Rasendriya dan Fityan Zaky Kamaluddin berhasil meraih medali emas dalam kategori Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan dalam OPSI SMP tingkat Nasional tahun 2023.

Kegitan Expo OPSI di Universitas Tarumanegara, Jakarta.