29 November 2022

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji meninjau pelaksanaan Lomba Cipta Menu B2SA

CILACAP – Sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman, Pemkab Cilacap mengadakan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) Berbasis Potensi Sumber Daya Wilayah Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2022. Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji membuka acara yang digelar di Gedung Sumekar PKK Cilacap pada Rabu (22/06/22) tersebut.

Dalam laporan kegiatan yang disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Pangan dan Perkebunan Kabupaten Cilacap Daryono disebutkan bahwa maksud diselenggarakannya Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat  Kabupaten Cilacap adalah untuk mensosialisasikan konsumsi pangan yang memenuhi standar gizi.

“Tujuannya yaitu meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA untuk meningkatkan kualitas hidup, mendorong dan meningkatkan kreatifitas masyarakat pada umumnya dan Ibu Rumah Tangga khususnya dalam memilih, menentukan, menyusun menu B2SA berbasis sumberdaya lokal dan membangun budaya keluarga untuk mengkonsumsi aneka menu makanan B2SA untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari,” jelasnya.

Peserta yang mengikuti Lomba tersebut sebanyak 30 tim terdiri dari TP PKK Tingkat Kecamatan se-Kabupaten Cilacap sebanyak 24 peserta, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Cilacap, Bhayangkari Cilacap, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cilacap dan Gabungan Istri Wakil Rakyat Daerah (GATRIWARADA).

Acara tersebut juga turut dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Cilacap Teti Rohatiningsih bersama Bupati Cilacap turut meninjau dan mencicipi masakan yang dilombakan. Dalam sambutan pembukaannya, Bupati Cilacap mengatakan bahwa kegiatan lomba ini diharapkan mampu menggairahkan dan menghidupkan kembali aneka usaha produk pangan lokal dimasyarakat.

Acara tersebut juga turut dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Cilacap Teti Rohatiningsih bersama Bupati Cilacap turut meninjau dan mencicipi masakan yang dilombakan.

“Sukun, umbi – umbian, pisang, jagung, dan lain – lain, memerlukan perhatian kita semua untuk terus ditingkatkan pemanfaatannya menjadi pangan alternatif sebagai salah satu upaya penyeimbang dalam mengatasi bila terjadinya krisis ketersediaan pangan di masyarakat,” ucapnya.

Disamping itu, kegiatan ini diharapkan mampu mempercepat pengembangan diversifikasi pangan sehingga mampu menjadi pengungkit, pendorong, perwujudan dari kebijakan daerah yaitu Bangga Mbangun Desa.

“Oleh karena itu, perlu saya sampaikan bahwa pada dasarnya tidak ada satu bentuk tunggal masakan tetapi lebih pada keanekaragaman. Sehingga ketahanan pangan masyarakat dapat terus terjaga dalam mendukung kedaulatan pangan,” terangnya.

Sesuai keputusan Juri Lomba Cipta Menu B2SA, TP PKK Kecamatan Cilacap Utara berhasil menjadi Juara 1 dengan total nilai 68,34. disusul oleh TP PKK Kecamatan Sidareja sebagai Juara 2 dengan total nilai 67,66, serta TP PKK Kecamatan Cilacap Tengah sebagai Juara 3 dengan jumlah nilai 66,46.

Selanjutnya untuk peringkat Harapan 1 berhasil diraih TP PKK Kecamatan Kroya dengan jumlah nilai 65,06, kemudian Harapan 2 untuk TP PKK Kecamatan Cilacap Majenang dengan jumlah nilai 64,86, serta Harapan 3 diraih TP PKK Kecamatan Wanareja dengan jumlah nilai 64,80.

Masing – masing juara mendapatkan Piala dan uang pembinaan yang diserahkan secara langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Cilacap. Kemudian 24 Peserta lainnya juga mendapatkan hadiah hiburan berupa Kipas Angin, Kompor Gas, Magic Com, Mixer dan Tea atau Coffee set. (hen)

Masing – masing juara mendapatkan Piala dan uang pembinaan yang diserahkan secara langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Cilacap. Kemudian 24 Peserta lainnya juga mendapatkan hadiah hiburan berupa Kipas Angin, Kompor Gas, Magic Com, Mixer dan Tea atau Coffee set.