28 September 2022

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri acara Tasyakuran Pembangunan Jalan di Desa Pesanggrahan pada Jumat (02/09/22) dengan di dampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri.

CILACAP – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri acara Tasyakuran Pembangunan Jalan di Desa Pesanggrahan pada Jumat (02/09/22) dengan di dampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri. Jalan yang telah dilakukan betonisasi tersebut melintasi 4 Desa yaitu Pesanggrahan, Karang Jengkol, Keleng, dan Ciwuni.

“Ini merupakan perjuangan yang cukup panjang dari 4 Kades. Perjuangan yang cukup panjang itu kini mulai bisa dilihat, pertaniannya jalan dan ekonominya berkembang. Karena ketika dulu saya lewat sini jalannya lumayan hancur. Alhamdulillah dengan bantuan keuangan Provinsi bisa dimanfaatkan dengan baik,” ucapnya saat ditemui usai acara tersebut.

Total anggaran untuk pembangunan jalan yang telah diresmikan pada Tahun 2019 lalu itu yakni sebanyak 16 miliar dengan bersumber dari anggaran Bantuan Gubernur Jawa Tengah sebesar 7 miliar, anggaran Pemerintah Pusat sebesar 5 miliar, dan anggaran Pemerintah Kabupaten sebesar 4 miliar. Anggaran tersebut juga selalu diberikan pengawasan oleh Gubernur Jawa Tengah dalam pelaksanaannya agar tepat sasaran.

“Saya selalu berpesan bantuan keuangan harus selalu diawasi, kualitasnya bagus, minimal harus sesuai dengan spesifikasi dan kemudian jangan dikorupsi. Jangan dikorupsi, kalo itu bisa dilaksanakan pasti masyarakat akan mendapatkan manfaat yang lebih baik. Mereka akan senang karna mendapat kualitas yang oke,” ucapnya.

Gubernur Jawa Tengah juga mengatakan dengan dilakukannya betonisasi hingga menjadikan jalan tersebut lebih kuat, kemungkinan kerusakan jalan yang diakibatkan karena truk-truk pengangkut batu yang biasa melintas dengan kapasitas muatan yang besar akan lebih kecil.

“Yang melewati jalan ini kan merupakan truk-truk dengan kapasitas besar, ini kalau jalannya tidak kuat pasti tidak akan bisa. Sekarang kalau mereka mengangkut dan tambangnya legal, sebenarnya jalan ini mampu untuk menjadi landasan berat itu kalau dia mengikuti aturan sehingga tidak overload. Sehingga jalannya pasti awet, tidak papa dilewati. Semoga ini nantinya akan dibangun terus sampai ke ujung,” ucapnya.

Acara tersebut juga merupakan bentuk ucapan terimakasih kepada Gubernur Jawa Tengah atas dibantunya pembangunan jalan dengan dilakukan betonisasi. Gubernur Jawa Tengah dalam acara tersebut juga berkesempatan bersilaturahmi dan juga berdiskusi dengan warga sekitar. Acara diakhiri dengan melakukan berdoa bersama, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Gubernur Jawa Tengah dan menyantap sajian tumpeng tersebut bersama dengan para warga. (hen)