Three In One Tingkatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan

0
106
Kepala Disdukcapil Annisa Fabriana mendampingi Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyerahkan paket dokumen kependudukan Three In One kepada warga masyarakat.
image_pdfimage_print

Three In One Tingkatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan

CILACAP – Apresiasi dan dukungan diberikan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang telah melakukan terobosan dalam rangka meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan.

Program Three in OneGagiyan Metu” (tiga strategi pelayanan melalui satu langkah) adalah layanan yang terintegrasi baik di internal Disdukcapil maupun eksternal seperti pelayanan perkawinan di KUA, pelayanan kelahiran dan kematian di RSU, RSI, RSIA, puskesmas, dan pelayanan pendaftaran di bidang pendidikan bagi para pelajar.

Peluncuran Three in One dilaksanakan di Fave Hotel Cilacap pada Kamis (29/4) oleh Bupati Cilacap yang dihadiri oleh Bupati Tatto Suwarto Pamuji, Kepala Disdukcapil Annisa Fabriana dan jajarannya, para kepala OPD dan direktur rumah sakit swasta di Kabupaten Cilacap.

Annisa Fabriana dalam laporannya mengatakan bahwa program Three In One merupakan terobosan strategi peningkatan pelayanan pada Disdukcapil yang memberikan manfaat sangat besar karena dapat mempermudah masyarakat memperoleh pelayanan administrasi kependudukan.

“Program Three in One adalah sebuah terobosan baru dalam pelayanan kepada masyarakat sebagai solusi untuk menekan seminimal mungkin pengaduan masyarakat. Disdukcapil telah menyiapkan bersama kepala UPT, kepala KUA, dan kepala Puskesmas se-Kabupaten Cilacap agar data kelahiran, kematian, dan pernikahan terintegrasi ke Disdukcapil dan akan diberikan tiga dokumen sekaligus,” kata Annisa.

Pelayanan terintegrasi tersebut berbentuk paket layanan berupa pengajuan Akta Kelahiran akan mendapat pula dua dokumen yaitu Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA) sekaligus. Untuk Akta Kematian akan mendapatkan KK dan KTP elektronik dengan status cerai mati. Sedangkan untuk Akta Perkawinan akan disertai KK dan KTP elektronik dengan perubahan status perkawinan.

Bupati dalam pernyataannya menerangkan bahwa apa yang dilakukan Disdukcapil merupakan jawaban dari permasalahan kependudukan di Kabupaten Cilacap.

“Ini merupakan kepedulian pelayanan. Yang semula jauh harus didekatkan, yang susah harus dimudahkan. Yang krusial adalah masalah KTP dan Akta. Kepala dinas saya tugaskan untuk menyelesaikan hal itu,” kata Bupati.

Peluncuran program ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati dan pemberian paket Three In One kepada empat warga masyarakat secara simbolis. Pada kesempatan tersebut dilaksanakan pula penandatanganan kesepakatan bersama tentang peningkatan pelayanan di Kabupaten Cilacap antara Pemkab dengan sepuluh direktur rumah sakit swasta.

Kesepuluh rumah sakit swasta tersebut yaitu rumah sakit Aghisna Kroya, rumah sakit Aprilia Cilacap, rumah sakit Santa Maria, rumah sakit Afdila, rumah sakit islam Fatimah, rumah sakit Pertamina, rumah sakit bersalin Anisa, rumah sakit Duta Mulia Majenang, rumah sakit Rafa, dan rumah sakit Aghisna Sidareja.