TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2022 di Desa Cimrutu Kecamatan Patimuan Dimulai

image_pdfimage_print

CILACAP – Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman hadiri acara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun 2022 di Desa Cimrutu Kecamatan Patimuan. Acara yang juga dihadiri oleh Komandan Kodim (Dandim) 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi tersebut digelar di Balai Desa Cimrutu pada Rabu (11/05/22).

Wakil Bupati dan Dandim 07/03 Cilacap lakukan penandatanganan berita acara dan penyerahan program pelaksanaan TMMD dari Pemerintah Kabupaten Cilacap kepada Kodim 0703/Cilacap. Dilanjutkan dengan pemukulan kentongan oleh Wakil Ketua DPRD Saiful Musta’in sebagai simbolis dimulainya kegiatan TMMD tersebut.

pemukulan kentongan oleh Wakil Ketua DPRD Saiful Musta’in sebagai simbolis dimulainya kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2022.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Pasiter Kodim 0703/Cilacap Kapten Inf Saidin, TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2022 ini dilaksanakan selama 1 (satu) bulan penuh dari tanggal 11 Mei sampai dengan tanggal 9 Juni 2022. Pelaksanaan tersebut melibatkan unsur TNI AD, TNI AL, POLRI, Pemkab Cilacap, Dinas/Instansi, Ormas dan Linmas, dan penggerak masyarakat.

“Kegiatan Fisik TMMD Sengkuyung I Desa Cimrutu Kecamatan Patimuan yaitu meliputi pembangunan talud jalan sepanjang 905 X 1,4 X 0,5 m, pembangunan MCK 2 unit, pembangunan pendukung TMMD, dan rehab RTLH 14 unit,” ucapnya.

Wakil Bupati sangat mendukung pelaksanaan TMMD untuk meneguhkan semangat kebersamaan dan menyajikan karya nyata bagi kemajuan dan kemaslahatan masyarakat. Dengan adanya pelaksanaan TMMD, pembangunan sarana prasarana perdesaan telah dapat dinikmati oleh warga desa Begitupun upaya pemberdayaan telah berhasil  memperkuat semangat masyarakat dalam menggali dan mengelola potensi desanya agar makin maju dan sejahtera.

“Sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat melalui TMMD seperti ini dapat menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai isu atau persoalan terkini dengan solusi,” kata Wakil Bupati.

Sejumlah OPD juga ikut mendukung pelaksanaan yang merencanakan TMMD Sengkuyung I Desa Cimrutu Kecamatan Patimuan dengan merencanakan Kegiatan Non Fisik seperti sosialisasi penanggulangan bencana, pelayanan KB gratis, pengobatan ternak, pelatihan kewirausahaan, serta sosialisasi keselamatan berlalu lintas.

Selain itu, dilakukan juga pelatihan digital marketing, pelayanan KIA, akta kelahiran dan kematian, pelatihan pembuatan pakan ternak, pelatihan industri kecil / menengah, sosialiasi gerakan gemar makan ikan, sosialisasi bahaya narkoba, fasilitasi pelayanan perizinan, pelayanan vaksin covid, dan kegiatan lainnya.

“Melalui TMMD ini, mari kita optimalkan berbagai program kegiatan lintas sektoral guna membantu penanggulangan kemiskinan, pengangguran dan penyelesaian berbagai permasalahan kita lainnya. Mari kita sukseskan program pembangunan yang mensejahterakan masyarakat desa. Bangun desa tanpa meninggalkan kearifan lokal yang dimilikinya. Hal ini tentunya sejalan dengan kebijakan Bangga Mbangun Desa,” ucapnya.

Dalam acara tersebut, Wakil Bupati beserta Dandim 07/03 Cilacap dengan didampingi oleh Forkopimda serta Forkopimcam menyerahkan berbagai bantuan dari Dinas/Instansi, maupun Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP) atau Corporate Social Responsibility (CSR) dari Perusahaan kepada Pemerintah Kabupaten Cilacap dan masyarakat Desa Cimrutu. Sebelum acara dimulai, dilakukan juga peninjauan hasil pertanian dari masyarakat Desa Cimrutu serta pelaksanaan pemberian vaksin kepada lansia di lingkungan sekitar. (hen)

Peninjauan hasil pertanian dari masyarakat Desa Cimrutu oleh Wakil Bupati didampingi Dandim 07/03 Cilacap beserta Forkopimda dan Forkopimcam.
Peninjauan pelaksanaan pemberian vaksin kepada lansia di Desa Cimrutu oleh Wakil Bupati didampingi Dandim 07/03 Cilacap beserta Forkopimda dan Forkopimcam.
Wakil Bupati beserta Dandim 07/03 Cilacap dengan didampingi oleh Forkopimda serta Forkopimcam menyerahkan berbagai bantuan dari Dinas/Instansi, maupun Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP) atau Corporate Social Responsibility (CSR) dari Perusahaan kepada Pemerintah Kabupaten Cilacap dan masyarakat Desa Cimrutu.

Next Post

Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas, Bupati Cilacap : Bergerak untuk Merdeka Belajar

Jum Mei 13 , 2022
CILACAP – Untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei 2022 lalu, Pemerintah Kabupaten Cilacap menggelar Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih Dalam Rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2022. Dalam upacara yang dilaksanakan pada Jumat (13/05/22) di halaman Regol Sekretariat Daerah Cilacap tersebut, Bupati Cilacap […]
Instagram
Telegram
WhatsApp