9 Februari 2023

Wabup Syamsul Auliya Rachman berfoto bersama dengan para veteran dan gur purna tugas serta jajaran Al Azhar Cilacap.

CILACAP – Sebagai bentuk penghargaan kepada veteran dan guru purna tugas, Al Azhar Cilacap menggelar event Apresiasi Veteran sebagai bagian dari Al Azhar Fest Cilacap pada Rabu (9/11/2022). Acara berlangsung di ruang auditorium Al Azhar Cilacap dan dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Syamsul Auliya Rachman.

Selain itu hadir pula Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap Sadmoko Danardono, Direktur Al Azhar Cilacap Laila Kurniati, Kepala Layanan LAZ Al Azhar Nurhadi, sejumlah veteran, guru purna tugas, wali murid, dan sejumlah undangan lain.

Nurhadi menyampaikan bahwa Apresiasi Veteran digelar untuk menyambut hari Pahlawan sekaligus meneladani jiwa dan sikap para pahlawan. “Hari ini Apresiasi Veteran dan Guru Purna Tugas. Semoga kita semua bisa mengambil hikmah dari tamu-tamu spesial ini. Sebentar lagi kita menyambut hari Pahlawan. Kita masih ingat bagaimana perjuangan para pahlawan yang sudah membela negara, bangsa, dan agama kita. Atas perjuangan mereka kita dapat menikmati hidup dengan nyaman, sejahtera, bahagia di negri Indonesia,” kata Nurhadi.

Pada kesempatan tersebut turut pula diserahkan sejumlah bantuan kepada para veteran dan guru yang telah purna tugas. Wakil Bupati usai kegiatan menyampaikan bahwa Al Azhar telah melakukan sesuatu yang positif dan luar biasa yaitu mengundang veteran dan guru purna tugas.

“Saya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh keluarga besar Al-Azhar. Ini kegiatan yang positif untuk menyambut hari Pahlawan. Seperti yang saya sampaikan di sambutan, Jasmerah. Jangan sekali kali melupakan sejarah. Mari kita Save Our Hero, bagaimana menyelamatkan pejuang dengan meneruskan perjuangan yang sudah dilakukan oleh para veteran,” kata Wabup.

Dengan mengundang veteran dan guru purna tugas diharapkan bisa menumbuhkan nilai-nilai kepahlawanan bagi para penerus dan pengisi kemerdekaan. Wabup juga berharap hal ini sebagai wujud dalam menyambut hari Pahlawan.

“Sebenarnya itu belum sebanding dengan perjuangan mereka dikala mereka masih aktif memperjuangkan kemerdekaan ataupun setelah kemerdekaan. Oleh karena itu kita sebagai warga negara hanya mengisi kemerdekaan, bagaimana kita bisa menghargai jasa pahlawan tentunya dalam menyambut hari pahlawan besok tanggal 10 November. Dan apa yang dilakukan oleh Al Azhar kegiatannya sangat positif. Ada seninya, sosialnya, dan nasionalismenya. Itu sangat luar biasa,” pungkasnya.