13 Agustus 2022

Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman menghadiri acara Sosialisasi 4 (Empat) Pilar Kebangsaan Bagi Anggota Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan di Pendopo Wijayakusuma Cakti pada Selasa (02/08/22)

CILACAP – Berkenaan dengan masalah kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya menyangkut kelangsungan hidup bangsa Indonesia, Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman menghadiri acara Sosialisasi 4 (Empat) Pilar Kebangsaan Bagi Anggota Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan di Pendopo Wijayakusuma Cakti pada Selasa (02/08/22). Penyampaian sosialisasi dalam acara tersebut dilakukan oleh Anggota DPD RI Provinsi Jawa Tengah Bambang Sutrisno.

Wakil Bupati Cilacap dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas dipilihnya Kabupaten Cilacap sebagai salah satu lokasi sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini mampu meningkatkan jiwa nasionalisme dan rasa cinta tanah air serta kesadaran anggota PWRI Kabupaten Cilacap akan pentingnya memahami Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika.

“Hal ini tentunya sangat strategis bagi masyarakat untuk membangun Bangsa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik di tengah persaingan dunia global, tanpa harus kehilangan akar budaya yang telah kita miliki. Maka seluruh komponen masyarakat khususnya PWRI, harus ikut berperan dan bertanggungjawab demi tercapainya cita-cita nasional, yakni masyarakat adil dan makmur,” jelasnya.

Wakil Bupati mengajak kepada para anggota PWRI sebagai figur atau panutan bagi warga masyarakat di lingkungan sekitarnya agar dapat meneruskan dan menyebarluaskan hasil dari kegiatan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini kepada masyarakat sekitar terutama generasi muda.

“Sehingga mereka dapat meningkatkan pemahaman terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika, untuk kemudian diterapkan secara nyata dengan baik dan benar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ucapnya.

Anggota DPD RI Provinsi Jawa Tengah memohon bantuan kepada para anggota PWRI untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan selalu mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari agar masyarakat Indonesia tetap bersatu.

“Karena Indonesia ini merupakan negara kesatuan dari segala suku, budaya, agama dan sebagainya. Bahkan dari negara lain pun mengakui kehebatan dari Pancasila ini. Mari kita pertahankan dan nanti kita tingkatkan supaya Pancasila betul-betul diimplementasikan sebagai landasan negara,” ungkapnya. (hen)