29 Juni 2022

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji memberikan imunisasi kepada balita bersama dengan jajaran Forkopimda Kabupaten Cilacap

CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji hadiri acara Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Kabupaten Cilacap dan Bakti Kesehatan Vaksinasi Presisi Dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke-76 Tahun 2022. Pada acara yang diselenggarakan di Patra Graha Convention Hall pada Jumat (17/06/22) tersebut, Bupati juga turut memberikan imunisasi kepada balita.

Dalam sambutannya, Bupati mendukung kegiatan yang merupakan wujud nyata dari program Bangga Mbangun Desa khususnya Pilar Kesehatan. Pemerintah mencanangkan BIAN atau Bulan Imunisasi Anak Nasional sebagai upaya untuk meningkatkan kembali cakupan imunisasi anak yang menurun akibat Pandemi Covid-19.

“Yang mana karena Pandemi Covid-19 menyebabkan gangguan rantai pasokan vaksin, adanya aturan pembatasan kegiatan, jumlah tenaga kesehatan yang terbatas, dan membuat orang tua wali asuh enggan ke fasilitas kesehatan karena takut tertular Covid-19,” ucapnya.

Kemudian meski berdasarkan grafik bulanan kasus baru Covid-19 di Kabupaten Cilacap terus menurun, vaksinasi masih menjadi program prioritas pemerintah dalam upaya penanggulangan Covid-19.

“Pemberian vaksin Covid-19 bertujuan untuk mengurangi transmisi atau penularan Covid-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19, herd immunity, dan melindungi masyarakat dari Covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi,” kata Bupati.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap Pramesti Griana Dewi mengatakan BIAN akan dimulai bulan Juni hingga Agustus 2022. Ada kurang lebih 105.000 balita di Kabupaten Cilacap yang nantinya akan diberikan imunisasi campak, polio, tetanus difteri, hepatitis B dan haemophilus influenza.

“Imunisasi nantinya baik berupa suntik ataupun tetes akan diberikan kepada balita yang pada tahun 2020 dan 2021 belum mendapat atau ketinggalan imunisasi karena adanya Pandemi Covid-19. Kita akan selesaikan minimal 95%,” ungkapnya.

Terkait pelaksanaan vaksinasi masal Dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke-76, Kapolres Cilacap AKBP Eko Widiantoro mengatakan bahwa tujuannya adalah untuk mengejar capaian vaksinasi khususnya dosis ketiga atau booster yang masih cukup rendah di Kabupaten Cilacap.

“Untuk dosis ketiga masih berada di angka 25% untuk Kabupaten Cilacap sedangkan target Pemerintah masih sangat jauh yaitu 40%. Sehingga selain dalam rangka Hari Bhayangkara ke -76, kami juga ingin membantu Pemerintah Daerah agar masyarakat yang belum mendapat vaksin dosis ketiga bisa vaksin disini,” jelasnya. (hen)

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji berfoto bersama jajaran Forkopimda serta para penerima imunisasi dalam acara Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Kabupaten Cilacap dan Bakti Kesehatan Vaksinasi Presisi Dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke-76 Tahun 2022.