8 Februari 2023

Sebagai upaya untuk mendorong semangat belajar, membaca serta menghafalkan Alqur’an, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji meresmikan Quran Center Baznas Cilacap (QCBC), di Ruang Gadri Komplek Rumah Dinas Bupati Cilacap pada Minggu (13/11/2022).

CILACAP – Sebagai upaya untuk mendorong semangat belajar, membaca serta menghafalkan Alqur’an, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji meresmikan Quran Center Baznas Cilacap (QCBC) di Ruang Gadri Komplek Rumah Dinas Bupati Cilacap pada Minggu (13/11/2022).

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa dengan dibentuknya Alqur’an Center ini bisa mendorong anak anak terutama murid Alqur’an Center Baznas Cilacap ikut meningkatkan kemampuan dalam membaca Alqur’an serta menghafal Alqur’an.

“Alqur’an Center ini tentunya dapat mendukung pelaksanaan Program Cilacap Cerdas. Kita harapkan ke depan semakin bertambah Alqur’an Center di Kabupaten Cilacap, sehingga makin banyak generasi penghafal Alqur’an di Kabupaten Cilacap. Aamiin,” harap Bupati.

Bupati juga menambahkan bahwa dalam HR. Bukhari 4937 yaitu Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda Orang yang membaca dan menghafal Alqur’an, dia bersama para malaikat yang mulia. Sementara orang yang membaca AlQur’an, dia berusaha menghafalnya, dan itu menjadi beban baginya, maka dia mendapat dua pahala. Atas dasar hadits tersebut di atas dibentuknya AlQur’an Center ini untuk mendukung anak, atau masyarakat untuk bisa membaca serta menghafal alqur’an.

“Alqur’an merupakan firman Allah SWT yang perlu kita jaga, perlu kita simpan di hati serta perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari – hari. Oleh karena itu, kami sangat berterima kasih kepada Baznas Kabupaten Cilacap yang telah membentuk lembaga pendidikan dengan nama Alqur’an Center BAZNAS Cilacap (QCBC),” ucapnya.

Menurut Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Cilacap Irvan Rahmat, tujuan didirikannya QCBC adalah untuk mewujudkan anak-anak generasi penerus bangsa menjadi generasi yang Qurani dengan cara menumbuhkan kecintaannya terhadap Al-Quran.

“Nanti melalui QCBC ini kita ada 4 program yaitu kaligrafi, tartil, tilawah, dan tahfidz. Sehingga ini adalah program kita untuk menumbuhkan kecintaan di usia dini terhadap A-Quran. Dan tempatnya sekarang masih di Masjid Agung Darussalam, harapannya nanti bisa ada di setiap Kecamatan bahkan di setiap masjid,” jelasnya. (hen)